oleh

Kodim Soppeng Gelar Latihan PAM PEMILU

Foto : Bersama Dandim 1423/SPG, Kapolres Soppeng, Ketua KPU Soppeng, Ketua Bawaslu, Sekretaris KPU, Kadis HUB, Ka.Kesbangpol.(Doc.Red**)
Soppeng – Sulawesi Selatan (Sulsel)
www.indeks.co.id
Rabu 6 Februari 2019
TIM
KODIM 1423/Soppeng di bawah pimpinan Letkol Arm Fajar Catur Prasetyo,SE gelar kegiatan latihan lanjutan Simulasi Pengamanan Pemilihan Umum (PEMILU) di Waduk Ompo Kelurahan Ompo Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melibatkan 274 Personil terdiri dari TNI-POLRI dan Pemkab Soppeng, Rabu (6/2/19).

Foto : Kapten Inf.Irfan Nasir saat memberikan pengarahan kepada personil yang akan terlibat dalam Latihan Lanjutan Simulasi PAM PEMILU 2019 di Waduik Ompo Soppeng.(Doc.Red**).

Sebelum kegiatan ini di mulai terlebih dahulu dilakukan apel pengecekan pasukan oleh Dandim 1423/Spg Letkol Arm Fajar Catur Prasetyo,SE, dilanjutkan dengan pengarahan dan penjelasan oleh Pasi Ter Kodim 1423/SPG Kapten Inf Irfan Nasir di lapangan Waduk Ompo, gelar pasukan ini terdiri dari personil Polres Soppeng sebanyak 73 orang terdiri dari Dalmas 30 orang, Polwan 20 orang, pendukung 23 orang,Personil Kodim 80 orang terdiri unsur Pam 30 orang, pendukung/massa 50 orang, personil Satpol PP 30 orang,Damkar 20 orang, BNPB/Tagana 25 orang,Mitra Karib Kodim 10 orang,KPU 6 orang,Bawaslu 3 orang,Relawan Demokrasi binaan KPU 5 orang,PWI/Wartawan Soppeng 10 orang.
Kendaraan pendukung, 1 unit truk Polres, 1 unit truk Pol PP, 3 unit Randis Danramil, 1 unit Truk BPBD, 1 unit water canon Damkar, 2 unit perahu karet BPBD, 1 unit ambulance PSC (Public Service Centre) Kab.Soppeng.
Kegiatan dihadiri, Kapolres Soppeng, AKBP Dedy Dewanto, S.IK, Dandim 1423/Spg, Letkol Arh.Fajar Catur Prasetyo, SE, Ketua Pengadilan Negeri, Iryanto Priyatna Utama, SH.MH, Wakapolres Spg, Kompol Catur , SH, Kasdim 1423/Spg Mayor Inf, T.Budianto beserta  Pa Staf, Kabagops dan Pa Staf Polres Spg, Kakesbang Pol, Arafah, Kasatpol PP, Hamsah Hola, Kadishub, A.Darliawan, Ketua KPU, Muh.Hasby, Ketua Bawaslu, Winardi, Kapolsek jajaran Polres Soppeng, Danramil jajaran Dim 1423/Spg.Dandim 1423/SPG Letkol Arm Fajar Catur Prasetyo,SE saat memberikan evaluasi pelaksanaan Latihan Lanjutan Simulasi PAM PEMILU 2019.(Doc.Red**).
“Apel Gabungan ini diharapkan semua personil yang terlibat langsung dalam kegiatan PAM Pemilu ini bisa lebih memahami apa dan bagaimana tugas, fungsinya saat PAM PEMILU kedepan,”kata Dandim 1423/Spg saat memberikan penjelasannya di hadapan Personil Kodoim 1423/Spg, Polres Soppeng dan Pemkab Soppeng serta KPU dan Bawaslu Soppeng.
Dandim berharap, kegiatan latihan lanjutan Simulasi PAM PEMILU ini menjadi contoh dalam pengamanan kedepan agar semua tindakan-tindakan dapat terkoordinasikan dengan semua pihak, baik dengan pihak Polres Soppeng, KPU, Bawaslu dan Pemkab Soppeng dalam mengambil langkah-langkah Pengamanan yang akan dilakukan apabila terjadi tindakan yang anarkis atau insidentil dilapangan, sebelum,selama dan setelah pelaksanaan Pemilu Pileg dan Pilpres 17 April 2019.
Kapolres Soppeng, AKBP Dedy Dewantho,SIK saat memberikan apresiasi kepada Kodim 1423/Spg dalam pelaksanaan latihan lanjutan Simulasi Pam Pemilu 2019.(Dco.Red**).

“Kita tentunya sangat berharap Pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 nanti berjalan dengan aman, tertib serta berkualitas,sehingga masyarakat bisa memberikan suara atau pilihannya sesuai dengan apa yang mereka inginkan tanpa adanya desakan atau intervensi dari pihak manapun,’harap Dandim 1423/SPG.
Sementara, Simulasi latihan dan Diskusi tentang skenario latihan dipandu Pasi Ter Kodim 1423/SPG Kapten Inf Irfan Nasir. Dalam penyampaian Simulasi dan Diskusi tersebut Pasi Ter menyampaikan bahwa ketika terjadi hal-hal sesuai yang di skenariokan maka tindakan yang dilaksanakan oleh TNI-POLRI serta Instansi terkait lainnya harus sesuai dengan hasil yang di diskusikan,”kata Kapten Inf.Irfan Nasir. Selain itu Pasi Ter juga menyampaikan bahwa apabila terjadi urgensi sesuai eskalasi yang berkembang maka langkah yang harus dilaksanakan adalah sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) agar tidak menyalahi aturan atau prosedur yang berlaku,tegasnya.
Selesai kegiatan Simulasi diatas Peta, dilanjutkan dengan simulasi dilapangan yang sebenarnya, dengan melibatkan 274 personil TNI-POLRI dan Pemkab Soppeng. Dalam simulasi tersebut, terjadi suatu hal yang membuat aparat Pengamanan harus bertindak persuasif namun karena massa semakin beringas akhirnya aparat mengambil langkah sesuai SOP dengan memberikan tembakan peringatan berupa gas air mata, akan tetapi massa tak juga kendor, bahkan semakin bertambah beringas, Polres Soppeng akhirnya melalui Kapolres AKBP Dedy Dewantho,SIK, memerintahkan Komandan di lapangan untuk bertindak tegas dan terukur. Tetapi tetap saja tak terkendali akhirnya pihak Polres meminta bantuan dari Dandim 1423/SPG untuk membantu mengatasi rusuh massa yang menuju kantor KPU Soppeng dan akhirnya massa berhasil dikendalikan serta korban luka dievakuasi ke RS oleh Tim PSC Soppeng.
Selesai kegiatan Simulasi, Dandim 1423/SPG melakukan evaluasi terkait kegiatan tersebut.
“Sangat berterima kasih kepada semua pihak atas apa yang telah saudara berikan pada kegiatan hari ini, dimana pada kegiatan Simulasi PAM PEMILU yang dilaksanakan tadi telah kita buktikan bahwa, kerjasama sinergitas baik kita dengan semua pihak, baik TNI-POLRI, Pemkab Soppeng dan partisipasi masyarakat begitu besar sehingga Simulasi tersebut dapat berlangsung dengan baik dan sukses,”kata Letkol Arm Fajar Catur Prasetyo,SE.
Dikatakannya, pelaksanaan latihan sudah berjalan baik walaupun masih ada kekurangan diharapkan kedepan lebih baik lagi saat latihan pemantapan bersama (lanjutan) yang akan dilaksanan oleh pihak Polres Soppeng.
Latihan sesuai skenario yang dibuat ini sangat bermanfaat bagi para pejabat khususnya instansi diluar Kepolisian dan TNI, karena baru kali ini dilaksanakan melibatkan KPU,BAWASLU serta instansi terkait lainnya sehingga ada gambaran bila terjadi situasi seperti itu “siapa berbuat apa”,terang Dandim 1423/SPG .
Lanjut dia, dengan Simulasi latihan ini diharapkan kedepan sinergitas personil TNI,POLRI, DAMKAR, DISHUB,BPBD/TAGANA dan yang lainnya akan lebih siap menghadapi berbagi situasi dan kondisi menjelang, saat pelaksanaan dan pasca Pemilu 2019.
Pada kesempatan selanjutnya, Kapolres dan KPU, Bawaslu memberikan apresiasi dan menyampaikan hal senada terkaitb pelaksanaan latihan lanjutan Simulasi PAM PEMILU yang digelar oleh Kodim 1423/Soppeng.
Publizher/Redaksi : AJM
 
Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.
BACA JUGA  Kasad Kembali Resmikan 10 Tambahan Pompa Hidram Untuk Mayarakat di Kab TTS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *