oleh

Keluarga Besar Wija Lamassakkirang Petta Bampe Tala Sulewatang Citta Gelar Silaturrahim dan Ziarah ke Makam YM Lamassakkirang Petta Bampe

Pangkep, indeks.co.id — Keluarga Besar Wija Lamassakkirang Petta Bampe Tala Sulewatang Citta menggelar Silaturrahim dan ziarah ke makam YM. Lamassakkirang Petta Bampe yang berada di Desa Tala’ Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Dihadiri oleh 47 orang keluarga baik yang berdomisili di Soppeng, Bone, Pare-Pare dan Makassar. Ahad, (3/12/2023).

Silaturrahim rumpun keluarga Lamassakkirang dan ziarah ke makam YM Lamassakkirang Petta Bampe Tala’ sekaligus merupakan Sulewatang Ri Citta, yang mempunyai peran penting dalam menyebarkan Agama Islam di Kabupaten Soppeng dan Kabupaten Pangkep khususnya di Desa Tala.

YM La Massakirang Petta Bampe adalah cicit langsung dari La Pareppa’i To SappEwaliE Sultan Ismail Arung Palakka Karaeng Ana’moncong Petta MatinroE ri Sombaopu To Pawawoi Mangkau Bone ke-19, Somba Gowa ke-20 dan Datu Soppeng.

Koordinator silaturrahim rumpun keluarga YM Lamassakkirang Petta Bampe, Andi Murdiping Petta Tarru’ didampingi oleh Andi Suljalali mengatakan, tujuan dari kegiatan ziarah makam leluhur ini yakni untuk mencari barokah dari salah satu penyebar agama Islam di Sulawesi Selatan dengan harapan barokah seorang pemimpin (Datu) dan juga Ulama terus mengalir kepada seluruh ummat Islam khususnya Keluarga Besar YM. Lamassakkirang Petta Bampe.

Andi Firman Petta Gessa yang merupakan salah satu generasi ke -V dari YM Lamassakkirang Petta Bampe menyampaikan pula harapannya untuk seluruh keluarga besar agar senantiasa menjaga hubungan silaturrahim yang sudah lama terjalin guna mempererat lagi tali persaudaraan sampai ke anak cucu generasi berikutnya agar bisa saling mengenal satu sama lain.

Andi Firman Petta Gessa menjelaskan bahwa YM La Massakirang Petta Bampe adalah cicit langsung dari La Pareppa’i To SappEwaliE Sultan Ismail Arung Palakka Karaeng Ana’moncong Petta MatinroE ri Sombaopu To Pawawoi Mangkau Bone ke-19, Somba Gowa ke-20 dan Datu Soppeng.

BACA JUGA  Antisipasi Laka Lantas Dan Tindak Pidana, ini yang dilakukan Polsek Bungoro Polres Pangkep

Demikian pula Andi Pattawe Petta Sau’ dan Andi Mandacing Petta Lolo mewakili generasi ke-VI menyampaikan hal yang serupa bahwa  silaturrahim rumpun keluarga dan ziarah ke makam YM Lamassakkirang Petta Bampe Tala merupakan agenda rutin dari keluarga besar YM Lamassakkirang Petta Bampe Tala yang dilakukan saat menjelang datangnya Bulan suci Ramadhan yang akan dihelat setiap tahunnya.

Puang Bomba (generasi ke-VI) yang dituakan dalam rumpun keluarga menambahkan bahwa, ketika seseorang pergi untuk berziarah ke makam para Wali Allah SWT  yang sholeh dan keluarga Nabi Muhammad SAW yang dimuliakan maka ini berarti bentuk cinta terhadap mereka. Demikian pula untuk mencari barokah, para sahabat Rasulullah SAW juga biasa bertabaruk atau mencari berokah dari Rasulullah SAW.(NN/IE)

Redaksi/Publizher ; Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *