oleh

Hadiri Lomba dan Kontes Ayam Ketawa Gubernur Cup, Pangdam XIV/Hsn : Jaga dan Tingkatkan Populasi Ayam Ketawa Sehingga Terkenal Di Seluruh Indonesia

MAKASSAR, indeks.co.id — Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr. (Han)., didampingi sejumlah pejabat utama (PJU) Kodam, menghadiri Lomba dan Kontes Ayam Ketawa Gubernur Cup 2023, dengan tema dalam rangka pengembangan komoditas ternak lokal yang berdaya saing, bertempat di GOR Sudiang Kota Makassar. Jumat, (10/11/2023).

Lomba dan kontes ini digelar oleh Pemerintah Provinsi Sulsel dengan memperebutkan Piala Gubernur, serta hadiah uang jutaan rupiah, guna melestarikan ayam ketawa yang merupakan salah satu fauna khas Sulsel, serta mengembalikan kecintaan masyarakat terhadap ayam khas tersebut.
Mayjen Totok dalam sambutannya menuturkan bahwa Kontes Ayam Ketawa ini satu ritme dengan motonya Kodam, yaitu “Ayam Jantan dari Timur”, karena ada ayamnya makanya saya hadir”, Bebernya.

Jenderal bintang dua ini pun sangat setuju dengan Kontes Ayam Ketawa ini, menurutnya kegiatan ini tidak melupakan kearifan lokal yang berasal dari Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) yang satu ini populasinya tinggal empat ribuan. “Mari sama-sama kita jaga, bila perlu kita tingkatkan sehingga nantinya, gara-gara ayam ketawa ini semua daerah-daerah di Indonesia akan lari ke Sulsel”, Tandasnya.

“Saya selaku Pangdam mengapresiasi atas terselenggaranya lomba Gubernur Cup Kontes Ayam Ketawa yang diinisiasi oleh Gubernur Sulsel ini, mudah-mudahan kita doakan hari ini menjadi awal Sulsel untuk mengembangkan ayam ketawa ke depannya”, Harap Alumni Akmil 1989 lulusan terbaik Seskoad tahun 2002 ini.

Pada kegiatan ini pun Pangdam berkesempatan menjadi tim juri bersama Pj Gubernur Sulsel Dr. Bahtiar Burhanuddin, M.Si., dan unsur Forkopimda Sulsel lainnya untuk memilih kontestan ayam ketawa yang patut menjadi pemenang. Adapun Kategori pada perlombaan ini yakni suara merdu, suara cempreng, suara horor, suara lucu dan paling gaya.

BACA JUGA  Penandatanganan Nota Kesepakatan DPRD Bersama Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat

Para peserta yang berhasil meraih juara sebagai berikut:
1. Juara Umum diraih oleh Kabupaten Sidrap.
2. Kategori Suara Merdu (Juara 3 : Ala dari Sidrap, Juara 2 : Arifuddin dari Parangloe dan Juara 1 : Amir dari Pinrang).
3. Kategori Suara Cempreng (Juara 3 : Syahrir dari Sidrap, Juara 2 : Gibran dari Sidrap dan Juara 1 Yondo dari Pinrang).
4. Kategori Suara Horor (Juara 3 : Buser dari Sidrap, Juara 2 : Fahmi dari Pinrang dan Juara 1 : Randi Adi Putra dari Sidrap).
5. Kategori Suara Lucu dan Paling Gaya (Juara 3 : Adnan, Juara 2 : Bustoman dan Juara 1 : Syamsudin masing-masing dari Sidrap).(NN/IE).

Redaksi/Publizher ; Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *