oleh

Peringati Hari Lahir Pancasila, Dandim 1429 Buton Utara Bacakan Amanat Panglima TNI

BUTON UTARA, indeks.co.id _ Memperingati Hari Lahir Pancasila yang ke-78th 2023 Komandan Kodim 1429/Butur Letkol Kav.Khomaruddin, ST bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) di lapangan upacara Makodim Jalan La Se,se Ds Kadacua Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara (Butur), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis 1 Juni 2023.

Dalam amanatnya, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yang dibacakan oleh Dandim 1429/Butur selalu Inspektur Upacara mengatakan, bahwa TNI harus betul-betul menjaga Netralitas TNI dalam menghadapi tahun politik. Selain itu TNI merupakan garda terdepan dan sebagai benteng terakhir bagi keutuhan NKRI. TNI juga harus selalu menjaga soliditas sesama Prajurit dan menjalin kerjasama dengan Polri. TNI merupakan bagian dari sistem dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, maka dari itu TNI harus saling bekerja sama dan bersinergi dengan bagian yang lain agar tercapai tujuan dengan hasil sesuai diharapkan.

Selanjutnya dikatakan Irup bahwa Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi Negara, dan pandangan hidup bangsa yang digali dan ditetapkan oleh pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat Bangsa Indonesia. Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa sekaligus dapat menyatukan masyarakat dengan segala perbedaan yang ada.

“Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air sehingga dapat membangun Bangsa dan Negara yang lebih baik. Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati,”tutur Irup.

“Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada, menjadi suatu berkah penuntun keberagaman yang dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,”pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut diisi dengan pembacaan UUD 1945 oleh Serda Kasmudin.(NN)

BACA JUGA  Polres Lamongan Ungkap Kasus Narkoba, 14 Orang Berhasil Diamankan Termasuk 1 Wanita

REDAKSI/PUBLIZHER : ANDI JUMAWI

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *