oleh

Pemdes Rahamenda Realisasikan DD Tahap I TA.2023,Ini Penjelasan Suparwianto

KONSEL, www.indeks.co.id | Sukseskan program Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDT),Suparwianto Kepala Desa Rahamenda  Kecamatan Buke Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) merealisasikan Dana Desa (DD) pada sejumlah program desa yang telah di rencanakan sebelumnya, Kamis 13 April 2023.

“Realisasi penggunaan dana desa 40 persen tahap I tahun 2013 ini sudah sesuai regulasi dan selaku pengguna anggaran kita telah membagi dana tersebut berdasarkan mekanisme yang ada,”kata Suparwianto, Kamis.

Menurutnya, pembagian dana tersebut di mulai dari penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada 21 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mana masing-masing mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp 900.000,-setiap KPM,ucapnya.

Setiap KPM menerima
Rp300.000,- setiap bulan  dan tahap I ini yakni bulan Januari, Februari dan Maret 2023 sehingga mencapai Rp900.000,- melalui verifikasi kelayakan bagi calon KPM dengan kriteria antara lain,keluarga miskin ekstrim, lansia atau pekerja rentan, jelasnya.

Selain itu pemberian kartu BPJS ketenagakerjaan menyasar 50 orang KPM.Kemudian adanya pembayaran honor diantaranya,  honor Kader Posyandu, honor Kader Pos Pindu  dan beberapa Kader kesehatan lainnya, juga honor guru Ngaji, honor Imam desa dan honor tokoh adat.

Selain itu, direalisasikan pula penganggaran program ketahanan pangan yang di wujudkan melalui pengadaan SAPRODI  pembelian racun hama padi yang akan menyentuh sekitar 45 hektare lahan persawahan masyarakat setempat, ungkapnya.

Lanjut  Suparwianto, terkait realisasi BLT-DD yang kami lakukan selaku pemerintah desa adalah  meminimalkan anggarannya dari 25 persen menjadi 10 persen  di sesuaikan dengan kondisi masyarakat yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh pemerintah terkait ( Pusat ). Sisanya menjadi Non KPM  artinya belum bisa di gunakan nanti apabila regulasi dari Kementerian Desa ada, misalkan boleh di gunakan untuk kegiatan lainnya.

Penyaluran BLT tahap I di selenggarakan pada ruang balai pertemuan desa Rahamenda yang di pimpin langsung kepala desa di hadiri oleh Kasi pembangunan Kecamatan Buke, Ketua BPD, pendamping desa, pendamping lokal desa dan beberapa aparat desa lainnya keadaan berjalan aman dan kondusif.

Adapun program pemberian bantuan kartu BPJS ketenagakerjaan kepada KPM bertujuan apabila sewaktu melakukan aktifitas pekerjaan ada masyarakat yang tertimpa musibah kecelakaan kerja bisa terfasilitasi melalui jaminan asuransi BPJS  ketenagakerjaan tentunya azas manfaat positifnya kembali kepada masyarakat penerima itu sendiri,ujar Suparwianto.

Menarik benang putih masih kata Suparwianto, terkait program dana desa dari tahun 2015 hingga tahun 2023 ini, terkhusus pemerintah desa Rahamenda amat sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah terkait, banyaknya kebutuhan pembangunan dan kemaslahatan masyarakat yang mendesak di desa dapat teratasi dan terlebih bertepatan bulan suci Ramadhon di saat menjalankan ibadah  Puasa dana desa bisa di cairkan dan terealisasi.

Namun berkenaan dengan ini selaku pemerintah desa dirinya berharap agar kewenangan lokal desa dapat di berikan  berdasarkan aturan yang ada dan tertuang dalam UU tentang Pemerintah Desa Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Oleh karena berhadapan langsung dengan masyarakat dirinya sebagai pemerintah desa dianggap mengambil kebijakan dalam realita kegiatan dana desa padahal ini semua berdasarkan regulasi pemerintah terkait,pungkasnya

Laporan : Adriana
Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.
BACA JUGA  Gerak Cepat Layani Masyarakat, Kementerian ATR/BPN Luncurkan Loket Pelayanan di Pusat Perbelanjaan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *