BULETIN TNIMAKASSARMotivatorNasionalSULAWESI SELATAN

Dr Aqua Dwipayana Sampaikan Pesan Khusus Komandan Korps Marinir Mayjen TNI Mar Endi Supardi

391
×

Dr Aqua Dwipayana Sampaikan Pesan Khusus Komandan Korps Marinir Mayjen TNI Mar Endi Supardi

Sebarkan artikel ini
Listen to this article

INDEKS.CO.ID, MAKASSAR — Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menyampaikan pesan khusus Komandan Korps Marinir Mayjen TNI Mar Endi Supardi kepada para prajurit Marinir. Hal itu sangat penting untuk menjaga kehormatan diri, keluarga, satuan tempat bertugas, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), dan TNI.

Endi menyampaikan pesan itu sesaat sebelum meninggalkan tanah air. Bersama istrinya, Nana Endi Supardi, pada Selasa (11/6/2024), pria rendah hati yang berasal dari Majalengka, Jawa Barat tersebut, berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah Haji.

Dr Aqua Dwipayana melanjutkan kiprah silaturahim serta Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kota “Angin Mammiri” Makassar, Sulawesi Selatan.

Di kota pelabuhan yang terkenal dengan makanan khasnya, seperti coto makassar, konro (sup tulang iga), pallubasa (sup berbahan dasar beras), dan ikan bakar tersebut, doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut kembali memotivasi banyak kalangan.

Kali ini, pria dengan jejaring pertemanan sangat luas tersebut memberikan sharing bertajuk “Menjadi Prajurit Petarung Marinis adalah Pilihan dan Takdir yang Membanggakan”. Kegiatan ini diarahkan kepada para prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan VI beserta ibu-ibu Jalasenastri dengan jumlah peserta mencapai kurang lebih 200 orang. Acaranya dilangsungkan di Balai Prajurit Serda KKO Soepardi Jalan Yos Sudarso No. 308 Makassar, Sulawesi Selatan.

Dr Aqua Dwipayana melanjutkan, kepada seluruh prajurit Korps Marinir, Endi berpesan untuk jangan terlibat narkoba dan sejenisnya serta minum-minuman keras.

“Mayjen Endi Supardi juga berpesan untuk tidak terlibat pinjaman online dan judi online. Selalu menjaga soliditas TNI dan Polri, jangan terjadi gesekan apalagi saling menyerang. Selanjutnya, tetap humanis, santun, dan selalu ada di hati rakyat. Terakhir, berbakti tanpa pamrih, jangan menunggu untuk dipuji, lakukan yang terbaik, yakin saja apa yang kita lakukan Tuhan akan membalasnya,” ungkap pria kelahiran Pematang Siantar, 23 Januari 1970 ini yang merupakan teman akrab Endi.

*Jalin Komunikasi dengan Keluarga*
Dr Aqua Dwipayana mengingatkan para prajurit Marinir untuk selalu menjalin komunikasi yang baik dengan keluarga mereka. Pria yang mendalami komunikasi secara komprehensif ini menekankan pentingnya peran keluarga dalam memberikan dukungan dan semangat bagi para prajurit yang sedang bertugas.

BACA JUGA  H.A.Kaswadi, Calon Kepala Desa Jangan Cederai dan Merusak Nama Baik Soppeng

“Keluarga adalah kekuatan utama bagi para prajurit Marinir. Jagalah komunikasi yang baik dengan keluarga, dan ingatlah bahwa mereka selalu mendoakan dan mendukung suami dan bapaknya yang bertugas di Marinir,” tutur Dr Aqua Dwipayana.

Di tengah kesibukan dan tugas yang penuh tantangan, ujar Pria yang banyak teman dari kalangan TNI ini, prajurit Marinir dituntut untuk selalu menjaga komunikasi yang baik dengan keluarga. Hal ini bukan hanya penting untuk menjaga keharmonisan rumah tangga, tetapi juga menjadi sumber kekuatan bagi para prajurit dalam menjalankan tugas mereka.

Komunikasi yang terbuka dan jujur, lanjut pria yang kuliah S1, S2, dan S3 linier di Komunikasi ini, memungkinkan para prajurit untuk berbagi cerita, perasaan, dan pengalaman mereka dengan keluarga. Dukungan dan pengertian dari keluarga dapat menjadi sumber kekuatan bagi para prajurit saat mereka menghadapi situasi yang sulit dan penuh tekanan. “Keluarga juga dapat memberikan doa dan restu bagi para prajurit yang sedang bertugas, sehingga mereka menjalankan tugas dengan tenang dan penuh semangat,” ujar Dr Aqua Dwipayana.

Menurut pria yang berasal dari Padang, Sumatera Barat ini, menjadi prajurit petarung Marinir adalah salah satu pilihan hidup yang paling membanggakan dan penuh tantangan. Prajurit Marinir, yang dikenal dengan kemampuan tempur dan ketahanan fisiknya yang luar biasa, tidak hanya menjalani pelatihan keras tetapi juga menghadapi berbagai misi yang menuntut kemampuan bertahan dalam situasi ekstrem.

Menjadi bagian dari Marinir ungkap Dr Aqua Dwipayana adalah sebuah pilihan yang menunjukkan komitmen tinggi terhadap tugas dan negara. Setiap prajurit Marinir memiliki tekad untuk melindungi kedaulatan negara dan menjaga keamanan nasional. Mereka siap untuk ditempatkan di mana saja, baik di darat, laut, maupun udara, sesuai dengan kebutuhan operasi militer.

“Tidak sembarang orang dapat menjadi prajurit Marinir. Proses seleksi yang ketat melibatkan tes fisik, psikologis, dan mental yang mendalam. Mereka yang berhasil melewati seleksi ini telah menunjukkan ketangguhan fisik dan mental yang luar biasa,” kata Dr Aqua Dwipayana menegaskan.

BACA JUGA  Presiden Syukuri 62 _Suspect_ Virus Korona di Indonesia Negatif

Pria yang telah memotivasi lebih dari 2 juta orang baik di Indonesia maupun di puluhan negara ini juga membagikan pengalaman dan motivasinya dalam menghadapi berbagai rintangan dan tantangan hidup. Ia mengajak para prajurit Marinir untuk selalu teguh pendirian, pantang menyerah, dan memiliki semangat juang yang tinggi dalam menjalankan tugas mereka.

“Sebagai prajurit Marinir, kalian harus selalu siap mental dan fisik untuk menghadapi berbagai macam rintangan dan tantangan. Ingatlah selalu bahwa kalian adalah pelindung rakyat dan penjaga kedaulatan bangsa,” pesan Dr Aqua Dwipayana.

*Korps Marinir TNI AL*
Korps Marinir TNI AL adalah sebuah unit pasukan TNI yang melaksanakan operasi amfibi, pertahanan pantai, pengamanan pulau terluar strategis, pembinaan potensi maritim, serta pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi satuan Marinir untuk menjadi kekuatan pertahanan keamanan dalam rangka Operasi Mendukung Perdamaian dan Operasi Militer Selain Perang.

Korps Marinir memiliki kedudukan sebagai Komando Utama Operasi TNI dan Komando Utama Pembinaan TNI AL.

Korps Marinir dipimpin oleh seorang Komandan yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Staf Angkatan Laut. Markas Korp Marinir terletak di Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun, Kwitang, Senen, Jakarta Pusat.

Saat ini, Korps Marinir terdiri dari tiga divisi, yaitu:

Pasukan Marinir 1 di Cilincing, Jakarta Utara.

Pasukan Marinir 2 di Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur.

Pasukan Marinir 3 di Klaurung, Sorong, Papua Barat Daya.

Visi:
Mewujudkan Prajurit Korps Marinir sebagai Pasukan Pendarat yang Bermoral, Profesional, dan Dicintai Rakyat.

Misi:
·        Terwujudnya organisasi Korps Marinir yang kokoh dan dinamis sebagai wadah kegiatan pembinaan dan pengembangan kesatuan untuk senantiasa siap melaksanakan tugas operasi terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata dari luar dan dari dalam negeri terhadap kedaulatan, ketuhanan wiliayah dan keselamatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

·        Mewujudkan kualitas sumber daya manusia prajurit Korps Marinir yang disiplin, bermoral, dan bermartabat melalui program pendidikan yang sistematis, terukur, berkualitas, dan dapat dipertanggungjawabkan.

·        Meningkatkan jiwa korsa dan moril prajurit Marinir melalui pembinaan perilaku dan tradisi korps, agar dapat menjadi contoh dan tauladan dimanapun berada.

BACA JUGA  Evaluasi Pelanggaran Personel, Wakapolda Sultra Beri Arahan Kepada Bintara Remaja

·        Terwujudnya prajurit Marinir bermoral, profesional, dan dicintai rakyat baik perorangan maupun satuan melalui sistem pembinaan latihan secara bertingkat dan berlanjut serta latihan gabungan TNI AL/TNI dan latihan bersama dengan negara lain.

·        Meningkatkan kepemimpinan militer dalam tubuh organisasi Korps Marinir yang berwawasan ke depan melalui sistem penilaian yang selektif.

·        Meningkatkan kesejahteran prajurit dan keluarganya, berupa pemenuhan hak-hak prajurit, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi kinerja prajurit.

·        Terpenuhinya perlengkapan dan material tempur yang modern, sesuai dengan standar Korps Marinir guna melengkapi kebutuhan serta mengganti material tempur/alutsista yang sudah melampui batas usia pakai.

·        Peningkatan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan perkembangan tuntunan Korps Marinir melalui kerjasama pendidikan pengkajian dan penilaian internal maupun eksternal.

Pimpinan: Mayen TNI Marinir Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. (Komandan Korps Marinir TNI AL).

Nilai-Nilai yang selalu ditekankan Komandan Korps Marinir dan Ketua Jalasenastri kepada semua anggota Korps Marinir dan Jalasenastri: menjalin silaturahim, komunikasi, dan meningkatkan empati, serta memiliki kepedulian sosial.

*Jalasenastri Korps Marinir*
Visi:
Mewujudkan Istri TNI AL yang berbudi setia dan mandiri dengan membangun keluarga yang berakhlak dan santun, membina keluarga yang sehat, serta menjadikan keluarga yang memiliki pribadi yang kuat dilandasi oleh Ketuhanan yang Maha Esa.

Misi:
·        Meningkatkan peran wanita Indonesia khususnya istri Anggota TNI AL dengan mengembangkan kualitas sumber daya manusia yang mandiri dalam segala bidang di lingkungan keluarga dan masyarakat.

·        Mendampingi dan memotivasi suami sebagai anggota TNI AL.

·        Membina dan meningkatkan kondisi mental dan fisik, persaudaraan dan kekeluargaan, serta kerja sama dengan sesama organisasi seaspirasi.

Pimpinan: Ny Nana Endi Supardi (Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir).

Prestasi:
–          Juara Stand terfavorit indoor (Jala Craft) tahun 2024.

–          Juara pertama lomba pengantin daerah (HUT Dharma Pertiwi) tahun 2023.

–          Juara pertama lomba MTQ Tingkat TNI tahun 2023.

–          Juara pertama lomba MTQ Tingkat TNI AL Tahun 2023.***

Redaksi/Publisher ; Andi Jumawi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DILARANG MENCOPY/PLAGIAT DAPAT DI PIDANA