oleh

Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di Boneatiro, Teladani Kehidupan Nabi

INDEKS.CO.ID, BUTON – Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal 1445 H, setiap tahun digelar di Desa Boneatiro Kecamatan Kapuntori, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pada Tahun 1445 H atau 2023 M, warga Desa Boneatiro menggelar kegiatan tersebut di Mesjid Utama Jami Nurul Akbar dengan tema “Meneladani Kehidupan Nabi Muhammad SAW Dalam Masyarakat”, Kamis 12 Rabiul Awal 1445 H/28 September 2023.

Bagi masyarakat Boneatiro, momen memperingati hari kelahiran Rosulullah SAW merupakan hal terpenting dalam kehidupan bermasyarakat, Suri Tauladan dari Rosulullah SAW menjadi panutan dalam keseharian warga desa itu, sehingga setiap perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, warga seraya bersama-sama memeriahkannya dengan berbagai cara yang unik sebagai salah satu bentuk kecintaan kepada Rosulullah SAW.

Ketua panitia peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, Kariadi, SH.,MH mengungkapkan, peringatan Maulid merupakan bentuk kecintaan masyarakat Desa Boneatiro terhadap Rosulullah Muhammad SAW.

Kata dia, terselenggaranya kegiatan ini merupakan kehendak dan keberberkahan yang diturunkan oleh Allah SWT.

“Selama masa pandemi Covid -19 kita tidak diperkenankan oleh pemerintah melaksanakan peringatan Maulid dengan meriah dan khidmat seperti ini. Alhamdulillah antusias ini atas dasar semua pihak, baik tokoh agama , tokoh adat , tokoh masyarakat , kepala desa dan seluruh masyarakat yang ada di desa Boneatiro,” ujarnya.

Kariadi menuturkan sekitar 500 warga desa dan undangan hadir pada Maulid kali ini, juga dihadiri Kapolsek Kapuntori , Koramil (Babinsa) Kapuntori, dan seluruh kepala desa sekecamatan Kapuntori. Seluruh jamaah yang hadir turut melantunkan Sholawat yang dipimpin majelis ta’lim Desa Boneatiro. Masyarakat juga antusias dengan membawa penganan di talang untuk disantap bersama.

BACA JUGA  Jaga Daya Tubuh dan Tingkatkan Prestasi Olahraga, Koarmada III Laksanakan Latihan Olah Raga Secara Rutin

“Terimakasih kepada seluruh masyarakat dan pemerintah yang telah berpartisipasi dalam suksesnya peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, semoga menjadi keberkahan bagi kita semua,” harapnya.

Sementara itu Asisten I Pemkab Buton Alimani, S. Sos.,M.Si yang hadir mewakili Pemkab Buton mengapresiasi suksesnya penyelenggaraan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di desa Boneatiro.

“Sangat luar biasa antusias masyarakat. Semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya dengan kebersamaan yang lebih meriah dari pada tahun ini,” ucapnya saat memberikan sambutan.

Sementara itu Kepala Desa Boneatiro, Nuriadin mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kesadaran seluruh masyarakat dengan beragam latar profesi untuk turut memeriahkan dan menyukseskan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW.

“Terimakasih seluruh masyarakat Desa Boneatiro, semoga tahun berikutnya kegiatan peringatan seperti ini akan lebih meriah lagi,” ucapnya.

Pembawa hikmah dalam peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, KH.Abd. Rasid Sabirin LC. MA, menjelaskan peran penting dalam memperingati Maulid Baginda Nabi Besar Muhammad SAW sebagai rasa syukur kita atas lahirnya kekasih Allah SWT yang menjadi suri tauladan bagi seluruh umat manusia.

Kata dia, pemaknaan dari peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yakni, menciptakan kedermawanan serta kemurahan hati, Keserdehanaan, keadilan, ketekunan, dan rasa cinta dan kasih sayang.

“Kelima pemaknaan itulah yang menjadi pondasi dari ajaran Islam, sehingga kita sebagai hamba Allah SWT dan pengikut Nabi Besar Muhammad SAW selalu mengenang peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW,” ungkapnya.(NN/IE)

Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *