oleh

Tebar Benih Ikan Kerapu Macan Perdana, Anggota DPR RI Fraksi PKS Saadiah Uluputty Ajak Masyarakat SBB Budidaya Ikan

Seram Bagian Barat _ indeks.co.id – Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon menyalurkan bantuan 5.000 ekor benih ikan kerapuh macan kepada 10 kelompok budidaya ikan di Kabupaten SBB, Rabu 02/03/2022.

Anggota DPR RI Fraksi PKS Saadiah Uluputty saat melepas benih ikan Kerapu Macan.(Doc.Syuaib Pattimura).

Bantuan benih ikan tersebut bersumber dari dana APBN tahun 2022, dari Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui aspirasi anggota DPR RI Komisi IV Fraksi PKS, Saadiah Uluputty, ST. Acara penyaluran bantuan benih ikan tersebut langsung diterima oleh masing-masing kelompok budidaya. Selain penyaluran benih ikan, juga dirangkai dengan bimbingan teknis budidaya di SMK Negeri 3 Seram Bagian Barat Dusun Wael, Kecamatan Seram Barat.

“Anggota DPR RI komisi IV, Saadiah Uluputty, ST dalam kesempatan itu mengatakan, dirinya akan selalu siap mendatangkan berbagai program budidaya ikan maupun peningkatan SDM petani di Maluku khusus di kabupaten SBB.

Anggota DPR RI Fraksi PKS Saadiah Uluputty bersama Ketua Fraksi PKS DPRD Provinsi Maluku Turaya Samal saat memberi makan benih ikan.(Doc.Syuaib Pattimura).

Kabupaten SBB memiliki potensi perikanan yang sangat luas, yang jika dikelola secara baik akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat. Dalam penyaluran benih dan pakan ikan ini harus benar-benar fokus di satu tempat dulu, dimana di SBB sendiri ada 10 kelompok budidaya ikan Kerapuh Macan. Diantaranya di Dusun Wael, Dusun Lupesi, Dusun Kotania Atas, Kotania Bawah dan Dusun Pelita Jaya. Masing-masing kelompok budidaya menerima 500 ekor benih ikan Kerapu Macan yang berukuran 5-7 cm,”ujarnya.

Dengan penyaluran tersebut, diharapkan kepada seluruh kelompok pembudidaya ikan agar lebih tekun, ulet, dan serius dalam mengembangkan usaha budidaya ikan serta terus meningkatkan keterampilan melalui pelatihan usaha budidaya ikan yang handal, sukses, dan mandiri, demi meningkatkan pendapatan keluarga, pemenuhan gizi keluarga, serta memberikan dampak yang baik untuk kesejahteraan keluarga,” harap Uluputty.

BACA JUGA  Gladi Pengamanan dan Tinjau Venue, Kapolri Pastikan KTT G20 Berjalan Lancar dan Aman

“Dalam kesempatan yang sama Ketua Fraksi PKS DPRD Provinsi Maluku Turaya Samal, S.H.I mengatakan, kita patut bersyukur dan mengapresiasi program komisi IV DPR RI dalam hal ini aspirasi Ibu Saadiah Uluputty. Dimana program ini sangat penting untuk peningkatan ekonomi masyarakat SBB. Kami berharap program ini dapat dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat dalam hal ini kelompok budidaya penerima benih ikan Kerapu Macan sehingga tujuan utama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud,”papar Samal.

Selain menggandeng Kami sebagai komisi II DPRD Provinsi Maluku yang membidangi sektor yang sama Kelautan dan Perikanan, Kami juga akan mewujudkan program program lainnya, misalnya melihat kekurangan kekurangan yang dibutuhkan SMK Negeri 3 Seram Bagian Barat dalam hal yang berhubungan langsung dengan jurusan jurusan yang diajarkan.

“Kami juga akan memasukkan program lanjutan berupa fisik, guru kontrak dan kesejahteraan guru lainnya. Kami melihat potensi guru honorer yang ada di SMK Negeri 3 Seram Bagian Barat ini tidak kalah dengan guru guru PNS lainnya. Olehnya itu ujar Samal, SMK Negeri 3 Seram Bagian Barat menjadi prioritas pada anggaran 2023 mendatang.

Ditempat yang sama Kepala koordinator pelayanan dukungan teknis (BPBL) Ambon, Ir. Doortje A Horhoruw,M.Si, mengatakan, pihaknya sangat beruntung dengan keberadaan Ibu Saadiah Uluputty sebagai duta perwakilan Maluku di Senayan. “Dengan kegigihan beliau sehingga bisa mendatangkan berbagai program ke Maluku langsung menyetuh kepada masyarakat, salah satunya penyaluran benih ikan ini” imbuhnya.

“Lanjutnya, Kita memiliki Balai Benih Ikan (BBI) sebagai penghasil benih ikan yang unggul. Jadi yang perlu kita bangun adalah keinginan dan kemampuan dalam pengelolaan usaha budidaya tersebut,” tuturnya.

“Jumlah benih ikan yang kami salurkan tahun ini di Maluku sebanyak 1.000.000 ekor dan itu bersumber dari aspirasi Ibu Saadiah Uluputty selaku anggota DPR RI Komis IV, dan untuk SBB sendiri sebanyak 5.000 ekor ikan, terdiri dari benih ikan Kerapu Macan. Dari jumlah benih ikan yang disalurkan pada tahun 2022 ini, lanjut dia, diperkirakan akan menghasilkan produksi ikan yang maksimal, untuk melanjutkan apa yang sudah diberikan, sehingga benih ikan bisa sampai ukuran konsumsi/panen.

BACA JUGA  SATU ORANG DITETAPKAN SEBAGAI TERSANGKA TERKAIT DUGAAN PELANGGARAN HAK ASASI MANUSIA (HAM) YANG BERAT DALAM PERISTIWA DI PANIAI PROVINSI PAPUA TAHUN 2014

“Kami berharap keseriusan, keuletan, dan kerja sama dari pembudidaya ikan, terkait apa yang sudah dan akan disalurkan oleh DPKP mampu meningkatkan perekonomian keluarga, meningkatkan produksi perikanan, dan meningkatkan kesejahteraan keluarga,” pungkasnya.

Selain dihadiri anggota DPR RI Komisi IV Saadiah Uluputty, ST, juga turut hadir, ketua fraksi PKS DPRD Provinsi Maluku Turaya Samal, S.H.I kepala koordinator pelayanan dukungan teknis (BPBL) Ambon, Ir. Doortje A Horhoruw,M.Si, kepala bidang pemberdayaan pembudidaya ikan dinas perikanan SBB, Ambijar Mazhab Selan, Ketua DPD PKS SBB Asrul Sani Kaisuku, Kepsek SMK NEGERI 3 Seram Bagian Barat Anwar Touwe, dan tokoh masyarakat Dusun Wael lainnya.

Laporan : Syuaib Pattimura
Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *