oleh

Gagas Peningkatan Produktifitas Wartawan, PWI SULTRA Sinergitas BLK

INDEKS.CO.ID__KENDARI
Senin 15 Maret 2021

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tengggara (Sultra) membangun sinergi dengan Balai Latihan Kerja (BLK) dalam upaya meningkatkan produktifitas wartawan dalam bidang desain grafis.

Ketua PWI Sultra Sarjono mengatakan, tantangan profesi kewartawanan di era disrupsi digital saat ini membutuhkan inovasi untuk menjawab kebutuhan informasi publik.

“PWI menyadari pentingnya peningkatan sumber daya kewartawanan untuk merespon kebutuhan informasi publik. Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari adalah institusi/lembaga yang mumpuni menciptakan sumber daya manusia handal, sehingga PWI membangun kemitraan,” kata Sarjono.

Sinergitas PWI Sultra dan BLK dicapai dalam pertemuan silaturahmi pengurus PWI yang diterima Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu, Senin (15/3).

Adapun pilihan bidang pelatihan bagi pekerja lingkungan industri pers yang relevan dengan pekerjaan sehari-hari adalah desain grafis dan komputerisasi.

PWI mengharapkan melalui pelatihan para instruktur handal BLK Kendari mendorong etos kerja pers dalam meningkatkan produktivitasnya.

“Patut bersyukur mendapatkan respon baik dari Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu yang bersedia bekerjasama dengan PWI dalam upaya meningkatkan produktifitas wartawan. Bahkan dalam proses itu, kita tidak dikenakan biaya dan justru ditanggung,” ujar Sarjono.

Terkait peserta, lanjut wartawan LKBN Antara ini, PWI akan merekrut dari pekerja pers anggota PWI atas izin pimpinan media masing-masing.

“Hanya saja, ada syarat yang mesti dipenuhi jika bersedia ikut, yaitu sementara waktu dibebaskan dari tugas sehari-hari hingga proses pelatihan usai,” tambahnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu menuturkan, pihaknya mendukung penuh keinginan PWI Sultra menjalin kemitraan dengan BLK Kendari terkait pelatihan peningkatan produktifitas wartawan dan menyiapkan paket pelatihan selama lima hari dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang.

BACA JUGA  Sholat Dzuhur Bersama Pangdam Hasanuddin dan Sosialisasi Infaq, Zakat dan Sadaqah

“Ini adalah bukti bahwa BLK Kendari sangat peduli dengan kompetensi masyarakat termaksud wartawan yang memiliki peran penting dalam pembangunan daerah, bangsa dan negara,” sebutnya.

Untuk itu, lanjut mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker RI) ini, pihaknya meminta agar PWI Sultra segera melakukan pengajuan proposal kerja sama seperti yang dilakukan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM) Sultra dan Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sultra.

“Kalau itu sudah dilakukan, maka kita tinggal mencari waktu yang tepat untuk pelaksanaannya,” tandas orang nomor satu di BLK Kendari.

Redaksi/Publisher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *