oleh

Lions Club Centennial MH Thamrin Jakarta Terjunkan 8 Dokter untuk Kegiatan Baksos dan Pengobatan Gratis

 
Teks: Tim dokter memeriksa kesehatan pasien di acara Bakti Sosial dan Pengobatan Gratis dari Lions Club Centennial MH Thamrin Jakarta 301-A1 di Jl Perhubungan, Rawamangun, Keluran Jati, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Sabtu (11/01/2020). Foto: Syafrudin Budiman SIP.
Jakarta – www.indeks.co.id–Pagi itu Sabtu, (11/01/2012) sangat cerah sekali, tidak seperti biasanya Jl. layur dan Jl Perhubungan, Rawamangun, Keluran Jati, Pulo Gadung, Jakarta Timur yang kadang diguyur hujan deras dan berlangganan banjir. Tepat pukul 09.15 WIB di SMPN 92 DKI Jakarta kita bergegas menuju lokasi acara ‘Bakti Sosial dan Pengobatan Gratis dari Lions Club Centennial MH Thamrin Jakarta 301-A1.
“Cepat kesini,” ada pesan dari Silvia Libbi Presiden Lions Club Centennial MH Thamrin Jakarta lewat What Apps. Katanya acara akan segera dimulai dan semua sudah siap untuk pembukaan 15 menit lagi dimulai. “Semua dokter, Pak RT dan warga sudah datang,” katanya.
Kita langsung bergegas ke lokasi dan benar tepat Jam 09.30 WIB acara dimulai oleh sambutan Bapak RT dan Silvia Labbi Presiden Lion Club Centennial MH Thamrin Jakarta. Selanjutnya sambutan dr Huntal Napoleon Vice Presiden Lion Club Centennial MH Thamrin Jakarta yang juga Ketua Perhimpunan Klinik dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Prima Indonesia (PKFI) Jakarta Timur.
Usai pembukaan Silvia Labbi menunjukkan bagian meja-meja pelayanan baksos. Mulai dari meja absen pasien, meja ceck-up kesehatan, meja pengukur tekanan darah, meja resep obat dan meja pemeriksaan mata.
“Semua sudah kami siapkan dengan standar pelayanan prima. Mulai kapasitas dokternya, obat-obatan, alat pemeriksaan kesehatan dan bantuan kacamata gratis bagi yang membutuhkan,” terang Ibu satu orang anak ini.
Perempuan cantik yang biasa disapa Devia ini menjelaskan setiap pasien diberikan sumbangan telur untuk gizi sebanyak satu kantong plastik. Selain itu katanya juga, organisasinya memberikan sabun pembersih karbol SOS kepada korban banjir.
“Bantuan sabun karbol SOS ini bantuan dari Ibu Yuni Talim. Kesini mas saya kenalkan,” ujar Devia sambil menyeret tangan untuk diperkenalkan dengan Ibu Yuni Talim.
Setelah kenal dengan Ibu Yuni Talim, Devia sang jendral lapangan baksos dan pengobatan gratis ini geser pada kesibukan lain. Dia pamit dulu untuk mengecek pasien-pasien yang sudah antri dari jam 08.00 WIB.
“Mas wawancarai dulu Bu Yuni, saya kesana cek pasien dulu,” kata Devia menuju meja registrasi pasien.
Yuni Talim ternyata adalah dewan penyantun Bakti Sosial Lions Club Centennial MH Thamrin Jakarta. Ia mengatakan, pengobatan gratis saat itu ditempatkan di SMPN 92 Rawamangun Jakarta Timur bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI), PKFI (Perhimpunan Klinik) dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Prima Indonesia dan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami).
“Saya secara pribadi memberikan bantuan untuk pelayanan sosial disini lewat Lions Club Centennial MH Thamrin Jakarta. Dimana berupa pengobatan gratis. Pemeriksaan mata gratis, lalu kemudian juga bantuan karbol pembersih lantai dan bantuan telur,” katanya.
Ia menambahkan, tujuan didirikan baksos tersebut tak lain untuk meringankan beban masyarakat dari bencana banjir diawal tahun 2020. Menurut Yuni sapaan akrabnya, kejadian bencana banjir yang melanda sebagian besar wilayah di DKI Jakarta disebut luar biasa.
“Kami semua bersatu untuk meringankan, akibat bencana banjir yang kemarin luar biasa. Bagi saya sedih melihatnya, untuk itu saya mengajak semua pihak peduli meringankan beban korban bencana banjir,” tandasnya.
Selanjutnya kita mewawancarai President Lions Club Centennial MH. Thamrin Jakarta Silvia Labbi lagi. Ia mengungkapkan program rutin baksos dan pemeriksaan kesehatan sering dilaksanakan. Diperkirakan sekitar 500 KK memeriksakan kondisi kesehatannya pada saat bakti sosial ini.
“Yang terpenting dari kami yaitu, berbagi kepada masyarakat ketika musibah banjir dan memang ini juga menjadi program rutin. Kami kebetulan hadir di wilayah RW 07 Kelurahan Jati ini yang terkena banjir. Tim dokter semuanya hari ini sebanyak 8 orang lebih,” ujarnya.
Menurutnya, Lions Club Centennial MH Thamrin Jakarta memiliki program utama, yaitu adalah pengobatan mata katarak yang menjadi program rutin tahun 2020. Setiap Selasa pemeriksaan mata dan setiap Jum’at itu melaksanakan operasi bagi mereka yang menderita katarak.
“Pasien yang di operasi mata katarak diperuntukkan bagi tidak memiliki biaya dan kita saat operasi pakai teknologi laser,” paparnya.
Atas kerjasama tim, dirinya mendapatkan kepuasan dalam memberikan pelayanan sosial khususnya masyarakat yang terdampak banjir. Kata Devia, tim medis yang menangani pasien korban banjir tersebut terdaftar menjadi pengurus di organisasi Lions Club Centennial MH Thamrin Jakarta.
 
Penulis: Syafrudin Budiman SIP
Publizher/Redaksi : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.
BACA JUGA  Resmikan Ponpes Tajul Falah Banten, Kapolri: Silahturahmi dengan Ulama Jangan Pernah Putus

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *