oleh

Prosesi Adat Kalosara Sebagai Mediasi Pasca Kejadian Tragis di Desa Toreo

Konawe Utara, indeks.co.id — Pasca kejadian tragis di Desa Toreo yang mengakibatkan hilangnya nyawa seorang pemuda H (30) tahun di Desa Toreo Kecamatan Wawolesea Kabupaten Konawe utara, Kepolisian Resor Konawe Utara (Konut) mengambil langkah cepat agar situasi tidak melebar dan tetap menjaga hubungan kekeluargaan tetap terjaga baik diantara keluarga Korban dan keluarga Pelaku.

Kapolres Konawe Utara AKBP Priyo Utomo, S.I.K melalui Kapolsek Lasolo Iptu Andi Muhammad Taufan, S.H berinisiatif mengadakan mediasi bersama pemerintah Kecamatan (Camat) Kepala Desa, Tokoh Adat Tokoh Agama dengan pihak keluarga korban.

Pada hari Sabtu (20/4/24) sekira pukul 13.45 wita Bertempat di rumah keluarga korban Almarhum H (30) diadakan Prosesi Adat Kalosara oleh pelaksana Adat (Puutobu) yang diterima keluarga korban (Jumain) dihadiri Camat Wawolesea Ita Sinar, Kades Toreo Andi Semming, Ketua Apdesi Asmudin Moita serta keluarga korban dan pelaku.

Prosesi Adat Kalosara bertujuan menjalin silaturahmi diantara kedua keluarga yang renggang karena kejadian sebelumnya, permohonan maaf keluarga pelaku kepada keluarga korban atas kejadian yang terjadi bukan kehendak semua.

Dengan niat baik dari keluarga pelaku AB (39) pihak keluarga keluarga menerima dengan baik, sehingga situasi Kamtibmas tetap aman terkendali.

Prosesi Adat Kalosara yang telah berlangsung tidak mempengaruhi proses hukum atas kejadian yang menyebabkan hilangnya nyawa korban, proses hukum tersebut telah ditangani satuan reserse kriminal (Sat Reskrim) Polres Konut dipimpin Kasat Iptu Patria Wanda Sigit, S.Tr.K., S.I.K., M.M.

Saat ini kejadian tersebut sedang dilakukan penyidikan oleh anggota Satreskrim Polres Konut, anggota kami juga terus memburu pelaku yang lari semoga secepatnya menyerahkan diri sehingga proses hukum bisa berjalan untuk pelaku mempertanggungjawabkan apa yang telah diperbuatnya “tuturnya.

BACA JUGA  Gandeng Bank Dan Developer, Personel Polda Sultra Semakin Mudah Miliki Rumah Pribadi

Kapolres Konawe Utara AKBP Priyo Utomo, S.H., S.I.K memerintahkan personel terus memonitor setiap perkembangan situasi Kamtibmas di Desa Toreo, mapping wilayah segera ungkap keberadaan pelaku “tegas Kapolres.

Sumber : Humas Polres Konawe Utara
Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *