JAWA TIMURMalangMALANGNasionalPEMILU

Tim Caleg  PKB Lowokwaru Kota Malang Endus Dugaan Kecurangan Penggelembungan Suara oleh Oknum Parpol

680
×

Tim Caleg  PKB Lowokwaru Kota Malang Endus Dugaan Kecurangan Penggelembungan Suara oleh Oknum Parpol

Sebarkan artikel ini
Listen to this article

MALANG (JATIM), INDEKS.CO.ID —- Mohammad Fadly Tim relawan Caleg Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kecamatan Lowokwaru Kota Malang  mengendus adanya dugaan upaya penggelembungan suara yang dilakukan salah satu partai politik pada pemilihan legislatif (14/2/24) lalu.

Dalam keterangannya, yang di terima awak media indeks.co.id, Minggu 18 Februari 2024, Fadly mengatakan bahwa pihaknya telah menghimpun alat bukti atas dugaan tersebut.

“Saya sebagai relawan caleg PKB dapil 7, Achmad Heriyanto Shaleh bersama tim internal juga telah melakukan penghitungan dari Form C-1 dan juga plano,” jelas Fadly, Minggu (18/2/24) malam.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa dirinya menemukan kejanggalan pada perhitungan yang dilakukan oleh tim internalnya.  Dimana ada perbedaan hasil perhitungan, antara yang tertulis pada C-1 dan Plano.

“Kami temukan (perbedaan C-1 dan Plano) itu terjadi di sejumlah TPS (tempat pemungutan suara),” terang Fadly.

Menurutnya, tentu hal tersebut sama sekali tidak dibenarkan. Bahkan dirinya menduga, tindakan tersebut terdapat unsur kesengajaan yang dilakukan oleh seorang oknum dari salah satu parpol.

Dirinya pun lantas tak ingin berdiam diri mendapati adanya temuan tersebut. Untuk itu, dirinya pun berencana untuk melaporkan temuan itu kepada Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kota Malang melalui Pengurus Anak Cabang (PAC) Lowokwaru.

“Agar segera kami laporkan, tentu melalui PAC Lowokwaru. Harapannya, agar turut bisa menjadi perhatian bagi jajaran pimpinan di DPC,” tegas Fadly.

Sebab menurut Fadly, jika tidak segera disikapi secara serius, dugaan kecurangan tersebut dapat berdampak pada hasil perhitungan suara PKB Kota Malang. Terutama daerah pemilihan (dapil) Lowokwaru.

“Secara umum tentu dapat mempengaruhi perolehan suara PKB. Apalagi, kami menduga, upaya kecurangan ini juga terjadi tempat (TPS) lain. Kalau memang terjadi begitu, akan sangat merugikan PKB,” jelas Fadly.

BACA JUGA  Polisi Tangkap Pria Begal Bayudara dan Pantat

Bahkan menurutnya, Secara khusus hal itu juga bisa berdampak pada perolehan kursi DPRD Kota Malang di dapil Lowokwaru.

“Misal suara partai lain bertambah (melalui dugaan upaya kecurangan), tentu bisa mengurangi jumlah kursi kami, jika suara parpol lain tiba-tiba bertambah. Apalagi, di sini kami menemukan adanya pengurangan hasil perhitungan,” jelasnya.

Di sisi lain, dari hasil perhitungan internal partai, Fadly mengatakan bahwa untuk dapil Lowokwaru, PKB telah mendapatkan 13.616 suara, belum termasuk TPS yang belum masuk. Menurutnya, jumlah itu cukup menjadi bekal bagi PKB meraih dua kursi di dapil Lowokwaru.

“Kalau kecurangan itu dibiarkan, potensi dua kursi PKB, bisa berkurang menjadi satu kursi. Ini kan merugikan. Makanya, hal ini akan kami laporkan kepada DPC (PKB Kota Malang) melalui PAC Lowokwaru dan pihak terkait,” pungkas Fadly.

Sementara itu ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) Partai Kebangkitan Pemilu (PKB) Lowokwaru Malang,  H. Syahroni membenarkan temuan tersebut.

Menurutnya ia mendapat laporan dugaan penggelembungan suara salah satu partai kontestan pemilu di kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

” Iya betul. Kita terima laporan itu, Nanti segera kita tindak lanjuti,” tandasnya.(NN/ZK)

Redaksi/Publizher ; Andi Jumawi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DILARANG MENCOPY/PLAGIAT DAPAT DI PIDANA