oleh

Mantapkan Pengamanan Pemilu 2024, Polda Sultra Gelar Simulasi PAM TPS

KENDARI, indeks.co.id – – – Simulasi bertempat di Lapangan Apel Presisi Polda Sultra, Kamis 18 Januari 2024, dipimpin langsung oleh Wakapolda Sultra Brigjen Pol Dwi Iriyanto SIK bersama Irwasda Kombes Pol Yun Imanullah SIK dan Karo Ops Kombes Pol Tumpal Damayanus. Turut serta disaksikan oleh para pejabat utama Polda Sultra, simulasi PAM TPS diperagakan oleh puluhan personel beserta alat peraga yang menggambarkan keadaan TPS.

Simulasi pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) melibatkan latihan untuk menguji dan memastikan efektivitas langkah-langkah keamanan yang telah ditetapkan. Ini mencakup penerapan protokol keamanan, identifikasi risiko potensial, dan pelatihan petugas keamanan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa TPS dapat berjalan dengan aman dan teratur selama pemilihan.

Simulasi pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) merupakan bagian integral dari persiapan menjelang pemilihan. Pertama, tim pengamanan harus mengidentifikasi potensi risiko seperti kerumunan besar, ancaman keamanan, atau gangguan teknis. Melalui analisis ini, strategi keamanan dapat dikembangkan untuk mengatasi setiap situasi yang mungkin timbul.

Kedua, langkah-langkah praktis seperti penempatan pos-pos pengamanan, pemeriksaan identitas, dan koordinasi dengan kepolisian setempat perlu dipertimbangkan dan diuji. Simulasi dapat mencakup skenario berbeda, seperti penanganan kejadian darurat atau pengelolaan antrian pemilih.

Ketiga, pelibatan petugas TPS dalam simulasi penting untuk memastikan pemahaman mereka terhadap peran dan tanggung jawab keamanan. Pelatihan ini mencakup tindakan respons cepat terhadap situasi krisis dan pemahaman terkait protokol keamanan yang telah ditetapkan.

Setelah simulasi selesai, dilakukan evaluasi menyeluruh untuk mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan atau peningkatan. Hasil dari simulasi ini menjadi dasar untuk menyempurnakan rencana keamanan dan meningkatkan kesiapan TPS saat hari pemilihan tiba.

Secara keseluruhan, simulasi pengamanan TPS merupakan langkah proaktif untuk memastikan pemilihan berlangsung dengan aman, teratur, dan bebas dari ancaman keamanan potensial.
(NN/IE)

BACA JUGA  Syukuran di Mata Air, Bupati Soppeng Ungkap Sejarah Ompo

Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *