oleh

Kodim 1430/Konawe Utara Mengadakan Apel Pasukan Kesiapsiagaan Bencana Alam

KONUT, INDEKS.CO.ID – – – Pada hari Rabu, 17 Januari 2024, personel gabungan dari Kodim 1430/Konawe Utara, Polres Konawe Utara, Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) serta relawan mengikuti apel kesiapsiagaan bencana yang digelar secara hybrid di Makodim 1430/Konut, yang berada di desa Banggarema Kecamatan Andowia Kabupaten Konut.

Para tokoh yang hadir dalam Apel Gelar Kesiapsiagaan Bencana Alam tersebut antara lain H. Abuhaera, S.Sos, M.Si (Wakil Bupati Konut), Mayor Inf Umar Sachruna, S.Sos (Kasdim 1430/Konut), Kapten Inf Saripudin (Pasi Ops Dim 1430/Konut), AKP Sunari Kabag Ops (Mewakili Kapolres Konut), Kapten Inf Sulhan (Pasi Intel Dim 1430/Konut), AKP I Kade Agus Budianto (Kapolsek Asera), Letda Inf Muh.Daud (Danunit Inteldim 1430/Konut), Letda Inf La Beda (Plh.Danramil 1430-01/Lasolo), Jasmidin (Kadis Damkar Kabupaten Konawe Utara), Nasrudin SH. (Kadis Sosial Kab.Konut), Muh.Aidin (Kepala BPBD Kab.Konut), Dedi Irawan (Kapos Basarnas Kab.Konut).

Komandan Kodim 1430/Konawe Utara, Letkol Kav Sofyan, memastikan bahwa seluruh personel dan kelengkapan peralatan penanganan kebencanaan dalam keadaan siap. Ia menyebutkan berdasarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi Maritim Kendari memprediksi bahwa dalam beberapa hari kedepan di wilayah Sultra akan dilanda hujan disertai guntur dan angin kencang yang terdeteksi di wilayah Kolaka, Kolaka Utara, Koltim, Muna, Mubar, Wakatobi, Konawe, Konut, Konsel, Kendari, Baubau, Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, Buton Utara, dan Bombana.

Selain itu, TNI juga telah menjalankan giat pembersihan sungai dan drainase saluran air yang rentan tersumbat sampah.

“Dalam rangka pelaksanaan apel gelar kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana alam ini adalah salah satu tugas yang tercantum dalam UU RI No.34 Tahun 2004 tentang TNI dan doktrin TNI AD yang melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), diantaranya membantu menanggulangi bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan. Oleh karena itu, Kodim 1430/Konut mengadakan Apel kesiap siagaan penanggulangan bencana alam di wilayah Kodim 1430/Konut untuk mengecek sejauh mana kesiapan personel, materiil, alutsista, sarana prasarana dalam rangka menanggulangi bencana alam di wilayah Kab.Konut,” ucapan Letkol Kav Sofyan.

BACA JUGA  Pemkab Soppeng Meminta Kerjasama Seluruh Pihak Untuk Mendapatkan Feedback Klarifikasi Data PDRB

Letkol Kav Sofyan juga mengungkapkan bahwa pada akhir tahun 2023 sampai dengan awal tahun 2024, curah hujan di wilayah Kab Konawe Utara cenderung sangat tinggi dan berpotensi menyebabkan banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah. Oleh karena itu, diperlukan kewaspadaan dan kesiapsiagaan yang maksimal.

Saya mengingatkan kepada seluruh prajurit agar tidak pernah lengah dengan tugas dan potensi ancaman yang ada di alam. Kita akan dihadapkan dengan curah hujan yang sangat tinggi di masa depan. Saya berharap kepada seluruh anggota dan para Danramil jajaran Kodim 1430/Konut dan seluruh unsur terkait sudah menyiapkan anggotanya yang setiap saat siap digerakkan,” tutupnya. (NN/IE)

Redaksi/Publisher: Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *