oleh

Komisi III DPR Berbangga Dengan Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Atas Kinerja Polri

JAKARTA, indeks.co.id – – – Komisi III DPR berbangga dengan hasil survei yang menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polri mencapai angka 87,8 persen. Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Habiburokhman, menyambut positif hasil survei litbang Kompas tersebut. Menurutnya, tingkat kepuasan tersebut membuktikan kerja keras Kapolri dan jajarannya dalam menegakkan hukum yang dirasakan manfaatnya oleh rakyat.

Habiburokhman juga mengungkapkan bahwa terjadi perubahan yang signifikan pada Polri, terutama pada sektor pelayanan seperti penerbitan surat izin mengemudi dan surat keterangan catatan kepolisian. Dengan memanfaatkan teknologi, prosesnya menjadi cepat dan murah.

Komisi III DPR RI berharap Polri bisa mempertahankan dan meningkatkan capaian tingkat kepuasan tersebut di masa yang akan datang, karena jika kinerja Polri membaik, citra mereka selaku mitra juga akan baik.

Survei masyarakat yang dilakukan oleh Litbang Kompas menunjukkan bahwa tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Polri yang tertinggi adalah pada sektor pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, Polri telah membuat layanan berbasis online untuk melakukan pengaduan guna memudahkan masyarakat yang hendak melapor.

Litbang Kompas juga menekankan bahwa kualitas penerapan fungsi pengawasan melekat di dalam institusi Polri tercermin dari tugas pokok dan fungsi yang mencakup penegakan hukum, harkamtibmas, serta perlindungan, pelayanan, dan pengayoman di tengah masyarakat.

Survei masyarakat ini dilakukan secara tatap muka pada 22 Oktober hingga 15 November 2023. Responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi, dengan total keseluruhan 3.400 responden masyarakat umum. Tingkat kepercayaan survei ini adalah 90 persen. Meskipun demikian, kesalahan di luar pemilihan sampel masih dimungkinkan.

Secara rata-rata, tak kurang 87,8 persen publik menyatakan puas atas kinerja yang ditunjukkan oleh Polri. Tercatat sembilan dari sepuluh responden sepakat untuk menyatakan puas terhadap pelayanan yang dihadirkan Polri kepada masyarakat. Survei ini menunjukkan bahwa kinerja Polri dalam melayani publik mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi.(NN/IE)

BACA JUGA  Wamenparekraf Tinjau Kesiapan Spouse Program KTT G20 di Bali

Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *