oleh

Kadiv Humas Tekankan Beberapa Hal Saat Gelar Apel Kesiapsiagaan Satgas Humas Polri  Pengamanan Nataru

JAKARTA, indeks.co.id — Irjen.Pol.Sandi Nugroho, Kadiv Humas Polri, memimpin upacara gelar pasukan Kesiapsiagaan Ops Lilin 2023 Humas Polri yang bertujuan untuk mempersiapkan pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Senin 18 Desember 2023.

Dalam pengamanan ini, Polri akan mengerahkan 129,923 personel dan berlangsung selama Operasi Lilin 2023/2024 dari tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Rekayasa lalu lintas, seperti contra flow dan one way, akan diterapkan mengingat adanya puncak arus kendaraan pada tanggal 22-23 Desember 2023 dan arus balik pada tanggal 26-27 Desember 2023.

Divisi Humas Polri melalui Satgas Humas akan melaksanakan kegiatan operasi yang kegiatan tersebut dimulai dari tahapan pengawalan, pelaksanaan, hingga pengakhiran dalam pelaksanaan Operasi Lilin 2023. Dalam operasi ini, personel Humas Polri harus memperkuat sinergitas bersama stakeholder lain dan memasifkan sosialisasi aturan yang berlaku selama libur Nataru. Kadiv Humas juga mengimbau pemudik agar melaporkan rumah yang ditinggalkan kepada kantor polisi terdekat untuk dapat didatakan dan dilakukan patroli.

Untuk memberikan kemudahan kepada pemudik, Polri akan menyediakan fasilitas lokasi lahan parkir di kantor polisi bagi mereka yang mau menitipkan kendaraannya. Masyarakat diimbau untuk menjaga keselamatan selama perjalanan mudik dan perayaan tahun baru. Selain itu, masyarakat akan banyak melakukan kegiatan di tempat-tempat keramaian, seperti pusat perbelanjaan dan pusat hiburan, pada malam pergantian tahun. Oleh karena itu, perlu pengamanan ekstra pada titik-titik kumpul masyarakat agar terwujud rasa aman masyarakat yang hendak melaksanakan Natal maupun malam pergantian tahun. Selain itu, Polri juga memiliki tugas untuk mengamankan rangkaian ibadah umat Nasrani yang melaksanakan rangkaian ibadah Natal.

Kadiv Humas menekankan perubahan cuaca yang memasuki musim hujan juga menjadi antisipasi pengamanan kali ini. Dalam upaya kesiapan, pihaknya telah menyiapkan Satgas kontijensi Ops Aman Nusa apabila terjadi bencana alam. Dalam situasi ini, pengamanan Nataru juga dilakukan bersamaan dengan tahapan Pemilu 2024, sebagaimana instruksi dari Kapolri Jenderal Drs. Listyo Sigit Prabowo.

BACA JUGA  Presiden Jokowi Ajak Negara Gerakan Non-Blok Tingkatkan Solidaritas Politik dalam Melawan Covid-19

Masyarakat diminta untuk selalu mengedepankan persatuan dan kesatuan meskipun perbedaan ada di antara mereka semua. Polri, TNI, dan stakeholder terkait berkomitmen untuk memastikan kesiapan pengamanan Nataru dan tahapan pemilu berjalan dengan baik.(NN/IE/RH)

Redaksi/Publizher ; Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *