oleh

Wacana Pemekaran Sulsel, Kabupaten Soppeng Salah Satu Daerah Penopang Pertanian dan Pariwisata Bugis Timur

SOPPENG, indeks.co.id — Kabupaten Soppeng salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang memiliki sejumlah potensi unggulan untuk menjadi penopang pengembangan daerah.

Kabupaten Soppeng juga menjadi salah satu daerah yang diwacanakan masuk dalam rencana pemekaran Provinsi Sulsel dibagi menjadi Provinsi Bugis Timur.

Beribukotakan Watansoppeng, Kabupaten Soppeng memiliki beberapa informasi penting dari sejumlah potensi yang dimiliki daerah berjuluk Kota Kalong itu.

Secara Geografis, Kabupaten Soppeng terletak di bagian selatan Pulau Sulawesi. Wilayahnya mencakup beragam landskap.

Termasuk pegunungan dan perbukitan. Daerah ini juga memiliki sungai dan hutan hujan tropis yang berpotensi menjadi penopang Provinsi Bugis Timur nantinya.

Secara ekonomi, mata pencaharian utama penduduk Kabupaten Soppeng adalah pertanian dan perkebunan. Terdapat sejumlah komoditas utama didaerah ini.

Komoditas pertanian utama di wilayah ini antara lain padi, jagung, cengkeh, kopi, kakao, kelapa, tembakau, Kacang Tanah, Kacang Hijau, Ubi Kayu, dan Ubi Jalar.

Sektor pertanian yang juga menjadi salah satu penopang ekonomi masyarakat di Kabupaten Soppeng.

Potensi pertanian ini juga di yakini dapat menjadi penopang Provinsi Bugis Timur jika dimekarkan dari Sulsel.

Kota Kalong juga salah satu daerah di Provinsi Sulsel yang memiliki potensi pariwisata yang menjadi unggulan.

Beberapa objek wisata alam dan budaya yang menarik di Soppeng seperti, Mununge Goarie, Situs Megalitik Lawo, Permandian air panas Lejja.

Serta wisata sejarah Villa Yuliana, sebuah bangunan yang sekarang difungsikan sebagai Museum Daerah Soppeng.

Villa Yuliana dibangun pada tahun 1905, pada masa pemerintahan Hindia Belanda di Sulawesi (Celebes).

Masyarakat setempat menyebut Villa Yuliana dengan sebutan Mess Tinggi. Sebutan ini berdasarkan letak Villa Yuliana yang berada di perbukitan.

BACA JUGA  Pawai Obor TPA Mushollah Nurul Iman Balikpapan Semarakkan Malam Takbir

Kabupaten Soppeng adalah salah satu dari banyak daerah yang menyumbang kekayaan budaya dan alam Sulawesi Selatan.

Pengembangan pariwisata dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dapat menjadi upaya untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk di wilayah ini.

Kabupaten Soppeng diproyeksi akan menjadi daerah penopang Provinsi Bugis Timur jika rencana pemekaran Provinsi Sulsel dilakukan.

Kabupaten Soppeng diwacanakan masuk dalam provinsi Bugis Timur bersama sejumlah daerah seperti, Kabupaten Bone, Wajo, Sinjai, Sidenreng Rappang atau Sidrap.(HRW)

Redaksi/Publisher ; Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *