oleh

Lagi, MAN 2 Kota Malang Jadi Madrasah Terbaik Peraih Penghargaan OSN Nasional 2023

Malang, indeks.co.id — Babak final Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023 jenjang SMA/MA digelar pada 27 Agustus hingga 2 September 2023 di Kota Bogor. Ajang kompetisi yang digelar Badan Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kemendikbud ini melahirkan para juara, termasuk siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang, Jawa Timur (Jatim).

Kepala MAN 2 Kota Malang Samsudin mengatakan, madrasah yang dipimpinnya berhasil mempertahankan tradisi mengirim siswa pada final OSN dan meraih medali.

“Tahun ini, alhamdulillah anak-anak kita memperoleh 10 penghargaan OSN dengan rincian 8 Medali dan 2 penghargaan. Prestasi ini tentu menjadi kebanggaan peserta didik, orang tua, madrasah, dan Kementerian Agama,” terang Samsudin di Kota Malang, Selasa (12/9/2023).

“Dengan raihan ini, MAN 2 Kota Malang kembali menjadi madrasah yang meraih medali OSN Nasional terbanyak di antara madrasah lainnya. Sejak 2018 hingga 2022, MAN 2 Kota Malang juga tercatat sebagai peraih medali terbanyak di antara semua sekolah dan madrasah peserta OSN,” sambungnya.

Menurut Samsudin, setiap tahun MAN 2 Kota Malang selalu berhasil mengirim siswa terbaiknya untuk bergabung dalam Tim Olimpiade, sejak tingkat kota, provinsi, hingga nasional. Madrasah binaan Kementerian Agama ini bahkan relatif mendominasi di Kota Malang dan Jawa Timur.

“Tradisi kita setiap tahun mendominasi OSN untuk Kota Malang dan Provinsi Jawa Timur. Sehingga menghasilkan para juara yang menjadi kebanggaan bagi berbagai pihak terkait, utamanya Madrasah dan Kemenag,” sebutnya

Ada 12 peserta didik MAN 2 Kota Malang yang lolos dan menjadi finalis OSN 2023. Dari Kota Bogor, mereka membawa pulang 10 terdiri atas 8 medali dan dua penghargaan. Medali yang dibawa pulang berupa 1 medali emas, 4 medali perak, dan 3 medali perunggu. Sedangkan dua penghargaan yang dibawa pulang adalah Kategori Best Economics (Raynar Pramudya Sayyid Andaru) dan Kategori Nilai Tertinggi Kebumian (Ammara Shifa Andini)

BACA JUGA  Diduga Jadi Dalang Penambangan Ilegal di Morombo, Polda Sultra Diminta Perisksa Pimpinan PT. Gapura Berinisial KRTN

“Prestasi ini menjadikan MAN 2 Kota Malang menjadi yang terbaik atau berada pada posisi pertama dari 10 MA yang ikut berlaga pada OSN tingkat Nasional 2023,” tegas Samsudin.

“Alhamdulillaah, kita patut bersyukur kepada Allah Swt. Terima kasih kepada para pembimbing dan seluruh tim yang terus membina dan mendukung para siswa untuk mengasah kemampuan dan keahlian mereka masing-masing. Semoga Allah membalas dengan pahala yang melimpah,” pungkasnya.

Berikut 10 prestasi MAN 2 Kota Malang pada OSN 2023:

A. Medali Emas atas nama Ammara Shifa Andini (Kebumian)

B. Medali Perak:
1) Raynar Pramudya Sayyid Andaru (Ekonomi),
2) Andika Rasendriya Arya Putra (Fisika),
3) Ahmad Boutros Fathir (Matematika), dan
4) Ahmad Ayman Alghifari (Kimia)

C. Medali Perunggu:
1) Nabila Rahma Aisyah (Kimia),
2) Azka Ananta Abdillah (Geografi), dan
3) Naistra Fathan Wirdiyan (Matematika)

D. Penghargaan Khusus
1) Raynar Pramudya Sayyid Andaru (Kategori Best Economics) dan
2) Ammara Shifa Andini (Kategori Nilai tertinggi Kebumian). (NN/MS)

Redaksi/Publizher ; Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *