oleh

Dorong Keterlibatan Seluruh Pihak, Dirjen Hubdat Kampanyekan Keselamatan Jalan di Sumatera Selatan

Palembang, indeks.co.id (16 Jul 2023) — Dalam rangka kegiatan Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2023, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno menyatakan bahwa keselamatan lalu lintas adalah hal prioritas yang harus kita jaga bersama dan harus dilaksanakan oleh semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri kegiatan Pekan Keselamatan Jalan (PKJ) Tahun 2023 di Provinsi Sumatera Selatan yang diselenggarakan pada Minggu (16/07) di Palembang.

“Melalui Pekan Keselamatan Jalan ini yang harus diutamakan adalah keselamatan lalu lintas sehingga harus kita jaga bersama.

Untuk itu, diperlukan sosialisasi dan kontribusi bagi semua pihak yang terkait agar kita mengerti dan memahami pentingnya berperilaku selamat di jalan,” jelas Dirjen Hendro.

Menurut Dirjen Hendro, kegiatan PKJ pada pagi hari ini merupakan salah satu upaya untuk mengingatkan masyarakat untuk menjaga keselamatan ketika berkendaraan sehingga diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan jalan.

“Makna dari PKJ adalah bagaimana para pemangku kepentingan memikirkan cara untuk membuat masyarakat selamat dalam beraktifitas sehari-hari di jalan. Kalau kita lihat data kecelakaan di Indonesia tahun 2022 tercatat ada 131.000 kecelakaan dengan 26.000 korban meninggal dunia.

Yang paling memprihatinkan adalah korban meninggal tersebut berasal dari usia produktif. Ini menjadi perhatian kita semua terlebih kebanyakan kecelakaan terjadi karena faktor manusia.

Maka yang perlu dikerjakan bersama adalah bagaimana kita membangun dari faktor manusianya agar dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas,” jabar Dirjen Hendro.

Dirjen Hendro menambahkan bahwa keselamatan dapat terwujud dimulai dari kesadaran masyarakat dan pengguna jalan saat berkendara di jalan.

Senada dengan Dirjen Hendro, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Sumatera Selatan, Denny Michels Adlan menyebutkan bahwa kegiatan PKJ di Sumatera Selatan ini menyasar kalangan pelajar, mahasiswa, komunitas dan masyarakat pengguna/pemakai jalan sehingga diharapkan mendapatkan informasi yang cukup tentang keselamatan berlalu lintas.

BACA JUGA  Wapres Besuk Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno di RSPAD Gatot Soebroto

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi dan edukasi tentang keselamatan berlalu lintas, sekaligus meningkatkan keselamatan.

Selain itu diharapkan dengan sosialisasi ini juga dapat mengurangi jumlah korban kecelakaan yang melibatkan pelajar sekolah maupun mahasiswa.

Yang utama juga adalah dapat terwujudnya budaya tertib berlalu lintas,” kata Denny.

Dalam laporan yang disampaikannya, Denny menyebutkan bahwa kegiatan PKJ di Sumatera Selatan diikuti oleh 1.257 peserta yang terdiri dari kegiatan jalan sehat dan lomba mewarnai.

Selain itu juga dilakukan pembagian helm kepada pengemudi ojek online, pembagian life jacket, traffic cone, dan water barrier.

Hadir dalam acara ini antara lain Direktur Sarana Transportasi Jalan, Danto Restyawan, Direktur Lalu Lintas Jalan Cucu Mulyana, serta Kabid Audit dan Inspeksi Subdit Kamsel Ditlantas Polda Sumsel Fenny.(NN/SYAM)

Redaksi/Publisher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *