oleh

Polresta Kendari Monitoring Arus Mudik, Pelabuhan Nusantara Capai 944 Orang

KENDARI, indeks.co.id _ Arus mudik lebaran 1444 H/2023 M di empat pelabuhan Kota Kendari terus meningkat.Hal ini terpantau langsung saat Polresta Kendari melakukan monitoring Arus Mudik Lebaran Tahun 2023 Di Pelabuhan Nusantara, Pelabuhan Pangkalan Perahu, Pelabuhan Penyeberangan Fery kendari dan Pelabuhan Bungkutoko Kendari, Rabu 19 April 2023.

Kapolresta Kendari, Kombes Pol Muhammad Eka Fathurrachman kepada awak media indeks.co.id mengatakan, saat dilakukan monitoring terdapat lima hal penting yang menjadi catatan penting pihak kepolisian yang berkaitan dengan arus mudik lebaran tahun 2023 ini.

“Dalam hal pemberangkatan kapal dan penumpang kapal,masih ditemukan penumpang didalam kapal yang tak sesuai dengan manifest, kurangnya armada kapal sehingga butuh tambahan armada kapal, serta adanya calo berkeliaran di pelabuhan,”kata Kombes Pol Muhammad Eka Faturrachman.

Lanjutnya, monitoring yang dilakukan pada hari ini di empat pelabuhan yakni, Pelabuhan Nusantara Kendari, Pelabuhan Pangkalan Perahu, Pelabuhan Fery dan Pelabuhan Bungkutoko Kendari.

Lanjut Kapolresta Kendari, Peningkatan penumpang di pelabuhan Nusantara Kendari dengan rute keberangkatan Raha dan Kota Baubau,mengalami lonjakan hingga 543 orang pemberangkatan pagi pukul 07.30 Wita menggunakan kapal Express Bahari 6E.Pada pukul 13:15 Wita kapal Express Bahari 5E/CANTIKA 168 berangkat tujuan Pelabuhan Raha dan Bau-bau .
Rata-rata penumpang naik 400 orang,jelasnya.

Dijelaskannya, rata-rata kenaikan penumpang di pelabuhan Nusantara Kota Kendari mencapai 944 orang perhari, sehingga masih dibutuhkan minimal dua armada kapal untuk mengantisipasi lonjakan penumpang jelang H-1 Labaran, ujar Kapolresta Kendari.

Dan untuk kedatangan penumpang kapal jam 13:00 Wita kapal Express Cantika 168 tiba dari Raha  ldan Bau-bau rata-rata penumpang turun 150 orang, jam 19:15 Wita kapal Express Bahari 6E tiba dari  Bau-bau  dan Raha.
Rata-rata Penumpang turun 130 orang, sehingga untuk kedatangan di pelabuhan Nusantara Kota Kendari mencapai 300 orang perhari,ungka Kombes Pol Muh.Eka Fathurrachman.

BACA JUGA  DPP GMNI Pertanyakan Posisi BPOM Dalam Perang Lawan Covid

Sementara arus mudik melalui pelabuhan penyeberangan Ferry Kota Kendari juga mengalami kenaikan namun tak begitu membludak, penumpang  hanya sekitar 200 orang dengan tujuan Pelabuhan Wawonii Kabupaten Konawe Kepulauan menggunakan KMP Bahterahmas pemberangkatan jam 08:00 Wita, jam 11.10 Wita dan pukul 15.30 Wita.

Dan untuk kedatangan di pelabuhan penyeberangan Ferry kota Kendari pukul 10.30 wita dan pukul 18.30 Wita, menggunakan KMP Bahterahmas juga hanya 200 orang asal pelabuhan Wawonii Kabupaten Konawe Kepulauan.

Berbeda dengan keberangkatan penumpang arus mudik lebaran tahun 2023 melalui pelabuhan pangkalan perahu Kendari,keberangkatan Waode Buri dan Wanci pukul 08.52 Wita menggunakan kapal KM.AL Sudais 22/Napoleon 777 tujuan pelabuhan Waode Buri dan Wanci rata-rata kenaikan penumpang mencapai 250 orang.
Dan untuk keberangkatan ke Pelabuhan Waode Buri dan Wanci jam 08.52  Wita menggunakan Kapal KM. AL SUDAIS 22 /NAPOLEON 777 tujuan Pelabuhan Waode Buri dan Wanci Penumpang Naik 115 orang.

Awak Media indeks.co.id melanjutkan penelusuran dan penghimpunan data dari tim monitoring jajaran Polresta Kendari dalam hal ini Polsek Kawasan Pelabuhan Kendari didapati keterangan bahwa, untuk keberangkatan penumpang arus mudik lebaran tahun 2023 tujuan Raha Kabupaten Muna pemberangkatan Jam 18:20 Wita kapal KM. AKSAR SAPUTRA 08 / KM. AKSAR SAPUTRA 09 / KM. AGIL PRATAMA / KM. MEKAR TERATAI / KM. UKI RAYA 23 / KM. TERATAI PRIMA SATU / KM. AGIL PERMAI
Rata-rata Pemudik 500 orang.

Sementara kedatangan penumpang dari Pelebuhan Raha Kabupaten Muna Jam  03:50 Wita menggunakan kapal KM. MEKAR TERATAI/KM. AKSAR SAPUTRA 09 / KM. AKSAR SAPUTRA 08/ KM. UKI RAYA 23 /TERATAI PRIMA SATU / KM. AGIL PERMAI dari Pelabuhan Raha
Rata-rata penumpang turun 125 orang.

BACA JUGA  Ada Preman Dibalik Antrian Panjang SPBU Saranani Kendari

Untuk kedatangan Penumpang melalui Pelabuhan Bungkutoko Kota Kendari,sekitar jam 10:30 tiba kapal KM. JETLINER dari Pelabuhan Wanci, rata-rata penumpang turun 100 orang.

Pemberangkatan melalui Pelabuhan Bungkutoko Kota Kendari pada Jam 18:33 Wita kapal KM. JETLINER  tujuan Pelabuhan Wanci.
Rata-rata penumpang turun 300 orang.

Dari hal diatas pihak Polresta Kendari melakukan upaya maksimal untuk menekan terjadinya pelanggaran di pelabuhan dan meningkatkan pengamanan demi kenyamanan para pemudik berangkat dan datang di Kota Kendari.(NN)

Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *