oleh

Kunjungi Pabrik PT CAM, HIPTI Siap Dorong Ketersediaan Bahan Baku serta Kesejahteraan Petani

INDEKS.CO.ID | KONSEL — Himpunan Pengusaha Tolaki Indonesia (HIPTI) bersama Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Adat Tolaki (LAT) kunjungi Pabrik pembuatan Tepung Tapioka PT Cipta Agung Manis (CAM) di Desa Wunduwatu Kecamatan Andoolo Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (15/03/2022).

Disela-sela kunjungannya, Ketua Umum HIPTI Sultra, Rusmin Abdul Gani (RAG) mengatakan, selama ini HIPTI terus melakukan komunikasi dengan investor khususnya yang bergerak di bidang pertanian, agar dapat menginvestasikan modalnya untuk membangun pabrik di Sulawesi Tenggara.

“Hari ini ternyata sudah ada pabrik, bahkan pabriknya canggih dalam hal pengelolaan tepung tapioka dan ini sangat luar biasa,” kata Rusmin kepada sejumlah awak media.

Pengusaha yang akrab disapa RAG ini, siap memfasilitasi dan mendorong ketersediaan lahan serta bahan baku untuk kebutuhan produksi.

Olehnya itu, pihaknya meminta kepada pemerintah dan masyarakat Konawe Selatan untuk dapat bersinergi, supaya kebutuhan pabrik tepung tapioka tersebut betul-betul terpenuhi agar dapat mengoperasikan power biodiesel dan biogasnya yang diketahui ramah lingkungan,ujarnya.

“Sejauh ini ternyata PT CAM masih kekurangan bahan baku yang seharusnya kapasitas produksi 1.200 ton per hari. Tetapi hari ini hanya bisa menyuplai 200 ton saja, kedepan HIPTI bersama LAT siap memfasilitasinya agar kebutuhan perusahan tersedia dan petani kita sejahtera,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPP LAT Sultra Mansyur Masie Abunawas (MMA) mengatakan, tujuan kedatangannya bersama HIPTI adalah untuk melihat langsung keberadaan pabrik tapioka tersebut. Ia mengaku sudah menerima paparan dari General Manager (GM) PT CAM, yakni produksi yang diharapkan pihak perusahaan sebesar 1.200 ton per hari belum terpenuhi.

“Kendalanya sekarang masalah lahan, kami dari LAT bersama HIPTI akan berusaha mencari bagaimana caranya kita menyambut peluang-peluang yang ada. Sekarang pabriknya sudah ada, tapi kapasitasnya masih belum terpenuhi. Inilah yang akan kita carikan solusinya,” ungkap MMA.

BACA JUGA  Hentikan Perang Israel-Palestina, Rahman Sabon: Indonesia Perlu Desak PBB dan Dorong KTT OKI Keluarkan Resolusi Pengakuan Kemerdekaan Negara Palestina

“Kami berharap masyarakat Konawe Selatan bisa memanfaatkan peluang yang baik ini. Agar lahan-lahan yang ada, seperti lahan tidur agar bisa dimanfaatkan,” tutupnya.

Ditempat yang sama, General Manager PT CAM Kuswara Iriyanto mengatakan, mudah-mudahan kunjungan HIPTI dan DPP LAT dikantornya menjadi keberkahan perusahaan, dan dapat tercipta kesepahaman serta dukungan dalam memajukan ekonomi masyarakat Konsel khususnya.

“Niat kami semua mudah-mudahan perusahaan ini membawa keberkahan dan kesejahteraan bagi masyarakat Konawe Selatan,” kata Kuswara.

Kuswara menambahkan, saat ini PT CAM memberikan kemudahan bagi petani yang ingin bekerja sama. Mulai dari harga yang konsisten tidak berubah-ubah, proses pembayaran secara transparansi hingga pemberian bibit gratis.

“Kemudahannya yang kami berikan kepada petani disini adalah, adanya jaminan bahwa ubi yang dari petani pasti dibeli, harganya tetap tidak akan berubah dan proses pembayarannya langsung ke rekening petani,” pungkas Kuswara.

Tim Liputan indeks.co.id
Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *