oleh

Uluputty Buka Bimbingan Teknis ( Bimtek ) Peningkatan Produksi Padi Di Kabupaten Seram Bagian Barat

INDEKS.CO.ID_SBB– Puluhan Kelompok Tani di Kabupaten Seram Bagian Barat, khususnya para petani di Sekitar Kecamatan Kairatu mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan produksi padi yang diselenggarakan oleh Ibu Saadiah Uluputty Anggota komisi IV DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ) di aula Stikes Maluku Husada Rabu (08/09/2021).

Anggota Komisi IV DPR RI, Saadiah Uluputty yang hadir dalam Bimtek tersebut memberikan apresiasi pada Kementan yang telah mendampingi petani Indonesia khususnya di kabupaten SBB sehingga produktivitas pertanian di kabupaten SBB di masa pandemi Covid-19 ini dapat ditingkatkan kembali.

“Sektor yang tidak terpengaruh oleh pandemi Covid-19 hanyalah sektor pertanian sehingga harus tetap dijaga produktivitasnya,” ungkap Uluputty.

Bimtek peningkatan produksi padi ini merupakan Program Padat Karya Kementerian Pertanian (Kementan) yang menjadi salah satu program prioritas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) guna meningkatkan produktivitas sektor pertanian terhadap pertumbuhan ekonomi di pedesaan.

Pengembangan sektor pertanian dihadapkan dengan masalah pokok berupa lemahnya akses modal atau investasi yang dimiliki para petani. Ini yang merupakan masalah yang menyebabkan petani tidak mampu memanfaatkan berbagai sarana produksi unggul termasuk kemajuan teknologi yang dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan mereka.”tegas Uluputty.

Lanjutnya, Pemerintah melalui Kementan telah melakukan pengadaan program Bimtek. Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian bahwa untuk menuju pertanian yang maju, mandiri dan moderen perlu dukungan mekanisasi pertanian, sehingga perlu untuk mempercepat penggunaan mekanisasi pertanian di daerah.

Pada kesempatan yang sama, Pj pelaksana Ditjen. Tanaman Pangan Dr. Rahmat. S.Si. M.Si mengatakan pemerintah saat ini menggencarkan berbagai upaya untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional. Di bawah Kementan, program padat karya telah dilakukan di beberapa daerah yang dimaksudkan untuk menumbuhkan produktivitas sektor pertanian dan kesejahteraan petani yang bermuara pada memacu pertumbuhan perekonomian.

BACA JUGA  Ekspor disetop, harga minyak goreng curah melandai dan cenderung turun

penerapan mekanisasi pertanian di daerah serta untuk peningkatan produksi dan produktivitas pertanian. Ia menjelaskan mengenai pengoperasian, perwaratan guna menunjang produksi sektor pertanian di Kabupaten SBB terutama komoditas padi,”ujar Ditjen.

“Pemberian pelatihan ini merupakan kewajiban pihak kami supaya para petani di Kabupaten SBB sehingga kedepannya petani yang mendapat bantuan dari pemerintah mampu mengoperasikan, merawat dan memperbaikinya dengan baik dan benar,” jelas Ditjen.

Hadir dalam bimtek Anggota Komisi IV DPR RI dapil Maluku Saadiah Uluputty, ST. Pj Pelaksana Ditjen Tanaman Pangan Dr. Rahmat, S.Si. M.Si. Kepala Dinas Pertanian yang di wakili oleh Hendrik M Watimena, SP. Kepala BPTPH atau yang mewakili Fuad Tuasamu, SP, M.Si dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten SBB.

Laporan : Syuaib Pattimura

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *