oleh

Peresmian Rumah Dataku Kampung KB Desa La'bo Bantaeng

indeks.co.id-Bantaeng – Peresmian Rumah Data Kependuduk “Rumah Dataku” Kampung KB Desa La’bo Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang oleh Bupati Bantaeng, diwakili oleh Asisten I Setda Bantaeng, H. Hartawan Sainuddin, Jum’at, (21/06/19).

Penyerahan bantuan.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Desa La’bo, Sirajuddin, S.Ag, Sekretaris BKKBN Provinsi Sulsel, Faisal Fahmi,Kadis PPKB, Abdi Sam, Camat tompobulu, Basruddin.

Diketahui Rumah Data kependudukan “Rumah Dataku” sebagai kelanjutan pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) yang diusung Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) di kabupaten Bantaeng gencar dilakukan.

Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera (Kabid KBKS) DPPKB Bantaeng, Syaharuddin daeng Ridho mengatakan, Rumah Data Ku sudah tersebar di beberapa daerah binaan Kampung KB.

Kepala Desa La’bo Sirajuddin,S.Ag.

“Rumah Data Ku untuk saat ini sudah ada lima,hanya saja baru dua yang diresmikan yakni di Desa Kaloling dan yang baru saja diresmikan di Desa Labbo. Untuk yang sudah ada tapi belum diresmikan yaitu di Bonto Majannang Kecamatan Sinoa, Bonto Tallasa Kecamatan Ulu Ere dan di Kecamatan Bissappu,” kata Ridho, usai peresmian.

Rumah Data Ku ini merupakan program Kampung KB, yang terintegrasi dengan lintas sektor.

“Jadi di Rumah Data Ku ini menjadi pusat data. Sehingga OPD lainnya, ketika mau melakukan kegiatan di Desa, maka data sudah ada jadi lebih memudahkan,”katanya.

Selain itu,dia juga menyebut bahwa DPPKB Bantaeng bakal menerapkan Rumah Data Ku di setiap Kampung KB yang tersebar di delapan Kecamatan se-kabupaten Bantaeng.

“Jadi kami upayakan bahwa tahun depan paling lambat, sebanyak 12 kampung KB ini, sudah terdapat Rumah Data Ku,”paparnya.

Senada dengan itu,Kepala Desa Labbo,Sirajuddin menyebut dengan adanya Rumah Data Ku ini,lebih memudahkan sinergitas antara program-program OPD dan Pemerintah Desa.

BACA JUGA  Sejumlah Organ Mahasiswa Sultra Tuntut Stop Kriminalisasi Pengusaha Lokal

Sebab, kata Sirajuddin, data yang disajikan di Rumah Data Ku sudah kompleks.

“Dengan adanya Rumah Data Ku ini, semakin banyak hal yang bisa diketahui untuk takaran pembangunan tingkat desa.
Karena Rumah Data Ku ini menjadi satu dari sekian pendataan yang bisa disajikan saat musyawarah desa nantinya. Tentunya ini menjadi acuan saat Musrembang nanti,”ujarnya.

“Data di Rumah Data Ku komplit,hampir semua ada.Data tentang kelompok pendidikan, pekerjaan,termasuk tata guna lahan,peta desa ada juga. Termasuk pula pengelompokan usia.Sehingga OPD jika membuat kegiatan sisa mencari data apa saja yang dibutuhkan,” lanjutnya memaparkan.

Tentunya data-data yang disajikan itu,berkesinambungan dengan program prioritas Bupati.

Rencana kedepan Rumah Dataku ini kita akan buatkan juga Aplikasi data yang bisa di akses di mana saja,cuma untuk saat ini kita masih terkendala jaringan,sehingga kami berharap ada tower di desa La’bo”harapnya.

Nampak usai peresmian Rumah Data Ku,diberikan pula bantuan sarana Generasi Berencana KIT (GENRE KIT) berupa laptop, LCD dan layar proyektor.Juga diberikan Permainan GENRE KIT,berupa permainan ular tangga dan monopoli.

Laporan : Harlin
Publizher/Redaksi : AJM

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *