BULETIN TNIMotivatorNasionalPALUSULAWESI TENGAH

Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Tegaskan Peningkatan Kesejahteraan Keluarga di Lingkungan Lanal adalah Bentuk Investasi Jangka Panjang

100
×

Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Tegaskan Peningkatan Kesejahteraan Keluarga di Lingkungan Lanal adalah Bentuk Investasi Jangka Panjang

Sebarkan artikel ini
Listen to this article

INDEKS.CO.ID, PALU —- Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana mengatakan meningkatkan kesejahteraan keluarga di lingkungan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) adalah sebuah investasi jangka panjang yang tidak hanya akan meningkatkan kualitas hidup prajurit dan keluarganya, tetapi juga akan berkontribusi pada peningkatan kinerja dan efektivitas satuan TNI Angkatan Laut secara keseluruhan.

Dengan fokus pada pendidikan, kesehatan, pengembangan ekonomi, infrastruktur, serta dukungan sosial dan psikologis, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang lebih sehat, mapan, dan berkualitas bagi seluruh anggota keluarga prajurit.

Setelah menyampaikan sharing di lingkungan Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah, Dr Aqua Dwipayana mengoptimalkan kehadiran di Palu dengan menyampaikan kegiatan serupa di Lanal Palu pada siang hari.

Sharing Komunikasi dan Motivasi kali ini bertajuk “Hubungan Keimanan dan Profesi Dalam Penegakan Hukum di Laut serta Keharmonisan Pimpinan dan Prajurit untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga”, Rabu 12 Juni 2024 siang.

Sharing diilaksanakan di  Aula GSG Mako Pangkalan TNI AL Palu dengan jumlah peserta sekitar 120 orang dari berbagai unsur di lingkungan Lanal Palu beserta Jalasenastri.

Dr Aqua Dwipayana menjelaskan beberapa langkah strategis yang dapat diambil untuk mencapai tujuan tersebut: Pertama, membangun dan mengembangkan sekolah-sekolah dengan fasilitas lengkap dan guru yang berkualitas di sekitar pangkalan untuk memastikan anak-anak prajurit mendapatkan pendidikan yang baik tanpa harus bepergian jauh.

Kemudian, menyediakan program beasiswa untuk anak-anak prajurit berprestasi dan memberikan dukungan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Menyediakan kursus keterampilan seperti bahasa, komputer, dan keterampilan teknis lainnya bagi keluarga prajurit untuk meningkatkan peluang kerja dan kemandirian ekonomi.

Dalam paparan Dr Aqua Dwipayana mengungkapkan bahwa laut Indonesia yang luas menyimpan kekayaan alam yang melimpah.  Di balik keindahannya, laut juga menjadi arena berbagai pelanggaran hukum, seperti pencurian ikan, penyelundupan, dan perompakan. Di sinilah peran penting para penegak hukum maritim, seperti personel Satuan Keamanan Laut (Satkamla) dan Komando Keamanan Laut (Kolakala) dalam menjaga kedaulatan dan menegakkan hukum di laut.

Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat itu mengatakan, keimanan juga membantu para personel maritim untuk tetap fokus pada tujuan utama mereka, yaitu menjaga kedaulatan dan menegakkan hukum di laut. “Di tengah godaan dan dilema yang kerap ditemui di laut, keimanan menjadi pengingat bahwa mereka memiliki tanggung jawab yang besar kepada bangsa dan negara,” ujar mantan wartawan di banyak media ini.

*Harmonis, Produktif, dan Solid*
Lebih lanjut Dr Aqua Dwipayana menjelaskan bahwa memupuk semangat kekeluargaan dan persaudaraan di keluarga besar Lanal Palu merupakan hal yang sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang harmonis, produktif, dan solid.

“Lakukanlah acara berkumpul bersama keluarga besar anggota Lanal Palu seperti piknik, perayaan hari besar, atau acara olah raga. Libatkan seluruh keluarga dalam kegiatan sosial seperti bakti sosial, donor darah, atau kunjungan ke panti asuhan,” ucap pembicara laris yang telah memotivasi lebih dari 2 juta orang di Indonesia dan puluhan negara ini.

Menurut Dr Aqua Dwipayana, pertemuan rutin untuk membahas berbagai isu yang relevan dan mendengarkan aspirasi dari seluruh anggota keluarga besar, juga penting dilakukan. Bisa dibuat semacam media komunikasi internal seperti buletin atau grup media sosial yang berfungsi sebagai sarana komunikasi dan berbagi informasi di antara anggota.

“Menyelenggarakan pelatihan dan workshop untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan anggota keluarga, baik dalam bidang militer maupun non-militer juga bisa dilakukan. Selanjutnya,  memberikan beasiswa atau dukungan pendidikan bagi anak-anak anggota Lanal,” kata pria santun yang hobi silaturahim tersebut.

Program lainnya, lanjut bapak dua anak itu, pengadaan fasilitas kesehatan yang memadai dan program kesehatan berkala untuk anggota dan keluarganya akan sangat bemakna. Mengadakan program tabungan, koperasi, atau asuransi untuk meningkatkan kesejahteraan finansial keluarga besar.

Selain itu, tambah Dr Aqua Dwipayana, memberikan penghargaan kepada anggota yang berprestasi atau menunjukkan dedikasi tinggi, serta mengapresiasi kepada keluarga yang mendukung. Mengadakan upacara dan acara khusus untuk menghormati anggota yang telah berjasa atau memasuki masa purnabakti.

“Juga, mengadakan kegiatan keagamaan seperti pengajian, misa, atau perayaan hari besar keagamaan untuk mempererat ikatan spiritual. Menyelenggarakan kegiatan seni dan budaya, seperti tari, musik, dan drama yang melibatkan seluruh anggota keluarga besar. Selenggarakan kompetisi olahraga internal untuk meningkatkan kebugaran fisik dan semangat kerjasama,” kata Dr Aqua Dwipayana menguraikan.

Dengan melaksanakan langkah-langkah ini,  ucap pria yang hobi silaturahim ini, semangat kekeluargaan dan persaudaraan di keluarga besar Lanal Palu dapat terus dipupuk dan diperkuat, menciptakan lingkungan yang harmonis, sejahtera, dan solid dalam menghadapi berbagai tantangan.

Dr Aqua Dwipayana yang juga Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat itu juga menekankan upaya peningkatan kemampuan berkomunikasi yang sangat penting dalam diplomasi. “TNI AL harus memastikan bahwa personelnya memiliki keterampilan komunikasi yang baik melalui pelatihan komunikasi interpersonal guna mengembangkan keterampilan dalam mendengarkan aktif, berbicara dengan jelas, dan membangun hubungan yang baik,” kata sosok penghobi menolong sesama ini.

Penulis buku super best seller Trilogi The Power of Silaturahim ini juga menyinggung tentang urgensi teknik negosiasi. Para personel Lanal harus diikutsertakan dalam keterampilan teknik-teknik negosiasi untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan. Juga teknologi informasi  yang dapat meningkatkan efisiensi komunikasi dan diplomasi.

*Sekilas Lanal Palu*
Visi:
Terwujudnya penyediaan fasilitas pangkalan dan dukungan perbekalan dan logistic bagi KRI, KAL, Pesud dan unsur TNI AL lainnya yang melaksanakan operasi di wilayah Sulteng.

Misi:
·        Mewujudkan tersedianya fasilitas labuh/dermaga dan sarana pendukung lainnya.

·        Melaksanakan patroli dan penegakan hukum di laut khususnya di perairan Sulteng.

·        Menyelenggarakan pembinaan potensi maritim dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

Prestasi
–          Lanal Teladan tahun 2021/2022.
–          Pendirian rumah pintar KBN 2023.
–          Baksos dan tanggap bencana tsunami Palu 2018.
–          Prajurit Lanal berprestasi dalam olahraga Dayung, Karate dan Sepakbola tingkat Daerah dan Nasional.

Pimpinan: Kolonel Laut (P) Agus Supriyo (Danlanal Palu).

Nilai-Nilai yang selalu ditekankan pimpinan
–          Selalu Ingat kepada Tuhan.
–          ⁠Bersyukur.
–          ⁠Jaga kesehatan.
–          ⁠Jaga nama baik pribadi dan organisasi.
–          ⁠Sayangi diri sendiri dan keluarga.***

Redaksi/Publisher : Andi Jumawi

BACA JUGA  DANDIM KENDARI : MOMENTUM HARI LAHIR PANCASILA JADIKAN SEMANGAT JUANG BEKERJA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DILARANG MENCOPY/PLAGIAT DAPAT DI PIDANA