DAERAHKENDARIOlahragaPersatuan Wartawan IndonesiaPROV.SULAWESI TENGGARA

Mencapai Prestasi Melalui Latihan Karate di Dojo PWI Sultra

586
×

Mencapai Prestasi Melalui Latihan Karate di Dojo PWI Sultra

Sebarkan artikel ini
Listen to this article

INDEKS.CO.ID, KENDARI — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tenggara (Sultra) secara resmi membuka Dojo Karate di pelataran kantor PWI Sultra, pada Rabu, 12 Juni 2024. Acara tersebut dibuka oleh Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SiWO) PWI Sultra, Gafar, dan dihadiri oleh para wartawan dan pelajar di daerah tersebut.

Dalam sambutannya, Gafar menyatakan bahwa Dojo Karate PWI Sultra tidak hanya dimaksudkan sebagai sarana olahraga, namun juga sebagai wadah untuk mencetak atlet berprestasi yang dapat membawa nama Sulawesi Tenggara pada umumnya, dan Dojo PWI Sultra pada khususnya. Ia menjelaskan juga bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam karate memiliki kemiripan dengan kode perilaku yang dianut oleh wartawan.

Dalam Dojo PWI Sultra, para karateka akan dilatih untuk menjunjung tinggi prinsip-prinsip dalam sebuah sumpah karate FORKI, yaitu patuh kepada kejujuran, memelihara kepribadian, mempertinggi prestasi, menjaga sopan santun, dan menguasai diri. Hal ini bertujuan untuk membentuk karakter dan moralitas yang baik pada setiap pelajar yang bergabung di dalamnya. Olahraga karate juga dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kebugaran jasmani dan ketahanan mental, yaitu ketekunan dan kesabaran dalam berlatih.

Dalam rangka meningkatkan prestasi para karateka, baik di tingkat lokal maupun nasional, Gafar menegaskan bahwa pendidikan formal merupakan faktor penting yang tidak boleh diabaikan. Meskipun kegiatan karate juga merupakan ajang prestasi dalam kejuaraan, akan tetapi tidak boleh mengorbankan pendidikan formal sebagai prioritas utama. Sebagai pelajar, mereka harus memprioritaskan kegiatan sekolah untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang lebih luas sehingga dapat memanfaatkan kemampuannya secara maksimal di masa depan.

Oleh karena itu, semoga Dojo Karate PWI Sultra dapat menjadi sarana yang bermanfaat dan dapat mendorong perkembangan olahraga karate di Sulawesi Tenggara, serta dapat menghasilkan atlet berprestasi dan menjunjung tinggi nilai-nilai moralitas dan karakter yang baik. Kita harus memperhatikan semua aspek pendidikan dan prestasi dalam mencapai keberhasilan sehingga dapat membawa nama baik kita sebagai penggiat karate di daerah.(NN/IE)

BACA JUGA  Surat Terbuka Untuk Kasat Reskrim Polres Bombana dari FMPB

Redaksi/Publizher ; Andi Jumawi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DILARANG MENCOPY/PLAGIAT DAPAT DI PIDANA

error: Content is protected !!