DAERAHKENDARIPOLDA SULTRASAT BRIMOB POLDA SULTRA

Personil Kepolisian Polda Sultra dan Satbrimobda Sultra melakukan Sterilisasi Lokasi Penting Tahapan Pilkada

54
×

Personil Kepolisian Polda Sultra dan Satbrimobda Sultra melakukan Sterilisasi Lokasi Penting Tahapan Pilkada

Sebarkan artikel ini
Listen to this article

Senin 23 September 2024

KENDARI, indeks.co.id – Ketika tahapan Pilkada digelar, banyak pihak yang terlibat dalam memastikan keamanan dan kelancaran acara ini. KPU Sultra dan KPU Kota/Kabupaten bertanggung jawab sebagai penyelenggara. Namun, kinerja personil kepolisian di daerah tersebut juga sangat mempengaruhi kesuksesan acara ini.

Dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan, personil kepolisian di Polda Sultra dan Satbrimobda Sultra melakukan sterilisasi pada lokasi penting tahapan Pilkada. Sterilisasi ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang berbahaya bagi para peserta Kontestan Pilkada dan warga di sekitar lokasi KPU Provinsi/Kabupaten dan Kota.

Satuan Brimob Polda Sultra yang dipimpin oleh Kombes Pol Sugianto Marweki SIK., M.Si sendiri telah menyiapkan Kompol Asri Diyni sebagai Kasubsatgas Jibom OMP Anoa 2024. Menurut Kompol Asri, sterilisasi tidak hanya dilakukan pada lokasi pelaksanaan pengundian dan penetapan nomor urut, namun juga pada semua tempat penting yang akan digunakan sepanjang tahapan Pilkada.

Pada pelaksanaan tahap pendaftaran hingga pengundian dan penetapan nomor urut, personil kepolisian melakukan sterilisasi baik itu di KPU Sultra yang bertempat di Hotel Claro Kendari maupun di KPU Kota Kendari. Selain itu, personil kepolisian juga melakukan sterilisasi di tempat-tempat lain seperti tempat pelaksanaan Deklarasi Bacawali – Bacawawali maupun Bacabup – Bacawabup Di wilayah Sultra.

Melalui tindakan sterilisasi, kepolisian ingin memastikan bahwa pelaksanaan tahapan Pilkada berlangsung lancar, aman, dan terhindar dari ancaman bahaya yang tidak diinginkan seperti bahan peledak atau zat kimia yang membahayakan nyawa. Sterilisasi menjadi Standard Operasional Prosedur (SOP) pengamanan selama rangkaian tiap tahapan Pilkada. Setelah sterilisasi dilakukan, personil Subsatgas Jibom dan Satgas Sterilisasi Polda Sultra menyerahkan kepada penanggung jawab/Padal Pam Area dengan Penyerahan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Sterilisasi.

BACA JUGA  Pesta Demokrasi Usai, Ini Kata Ketua Garda Sultra Alex Pangaibali

Dalam kesempatan kali ini, personil kepolisian berhasil melakukan sterilisasi di lokasi Hotel Claro dan Kantor KPU Kota Kendari secara sukses dan lancar. Tidak ditemukan adanya bahan kimia atau zat radioaktif yang membahayakan nyawa serta tidak terdapat potensi kerawanan yang berarti. Tindakan sterilisasi selama rangkaian tahapan Pilkada menjadi langkah tindakan kepolisian penting demi memastikan terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat pada saat tahapan Pilkada.(AJM)

Redaksi/Publizher ; Andi Jumawi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DILARANG MENCOPY/PLAGIAT DAPAT DI PIDANA

error: Content is protected !!