oleh

Tinjau Pameran Pemberdayaan Masyarakat IMKM

 

INDEKS.CO.ID_AMBON,MALUKU—Usai memimpin rapat kerja, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin berkesempatan meninjau pameran pemberdayaan masyarakat Indutri Mikro Kecil dan Menengah (IMKM) di _Lobby_ Kantor Gubernur Maluku, Ambon, Maluku, Rabu (13/10/2021). Produk yang dipamerkan dalam program tersebut merupakan bagian dari program pengurangan kemiskinan ekstrem yang dilakukan di 5 kabupaten prioritas di Provinsi Maluku.

Salah satu program yang ditinjau adalah program penyediaan listrik untuk masyarakat miskin ekstrem di Kabupaten Maluku Tengah yang dilaksanakan untuk wilayah _off-grid_ (tanpa listrik PLN) dan wilayah _on-grid_(yang telah tersedia listrik PLN). Penyediaan listrik untuk masyarakat miskin ekstrem tersebut merupakan salah satu program penting mengingat salah satu penyebab utama kemiskinan dan ketimpangan adalah tidak tersedianya akses terhadap infrastruktur dasar yakni listrik, air bersih dan sanitasi.

Untuk wilayah _off-grid_ di Kabupaten Maluku Tengah program penyediaan listrik untuk masyarakat miskin ekstrem diinisiasi oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dimana Wapres Ma’ruf Amin menjabat sebagai Ketua. Program ini merupakan mekanisme kemitraan dengan dunia usaha dan masyarakat yang menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Inti dari program kemitraan ini adalah menyediakan listrik tenaga surya (LTS) bagi rumah tangga miskin ekstrem dan dilanjutkan dengan pemberdayaan masyarakat.

REDAKSI : ANDI JUMAWI.SP

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.
BACA JUGA  UPAYA PAKSA, KPK Tahan Sejumlah ASN Sebagai Tersangka Prihal Seleksi Jabatan di Kabupaten Probolinggo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *