oleh

Kapolda Jateng Launching Program QRIS Cashles Polres Magelang dan SKCK Door to Door

Magelang — Jateng
www.indeks.co.id
Kamis 25 Februari 2021

Polres Magelang gelar Kegiatan SKCK door to door yang diberi nama program QRIS Cashles Polres Magelang dan SKCK Door to Door sebagai terobosan kreatif dari dalam rangka peningkatan pelayanan kepada Masyarakat secara Prima. Sebagaimana diungkapkan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfhi hal ini sebagai tindak lanjut perintah pimpinan, Kamis (25/2/2021).

“Sebenarnya ini sebagai program ke-6 Kapolri, bahwa Polri memberikan pelayanan yang mudah dan cepat dengan menggunakan teknologi informasi diantaranya perpanjangan SIM, SKCK dan sebagainya,”terang Kapolda.

Layanan ini tidak menggunakan transaksi cash melainkan menggunakan barcode dengan apliaksi yang digunakan institusi Polri terkait. Layanan ini akan mengurangi kemungkinan terjadinya pungli dan meminimalkan kerumunan dalam situasi pandemi saat ini.

Kapolres Magelang AKBP. Ronald A. Purba, SpIK, MSi mengungkapan pihaknya terus berupa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dari WBK menuju WBBM. Salah satunya dengan pelayanan SKCK door to door.

“Program ini merupakan terobosan kreatif dimana kita bisa tetap produktif tapi tetap aman covid,”kata Kapolres.

Adapun gambaran singkat pelayanan SKCK door to door, yaitu dengan memberikan nomer hotline yang bisa dihubungi oleh masyarakat yang membutuhkan skck. kemudian Petugas SKCK bersama Ident datang dengan membawa blangko biodata pemohon yang harus disi.

Selanjutnya Pemohon menyiapkan FC KTP, FC KK dan pas phito 4X6 backgound Merah sebanyak 4 lembar, Setelah blangko diisi pemohon dan sudah melaksankan sidik jari maka proses selesai, Kemudian blangko dibawa ke Polres Magelang untuk dilakukan pencetakan SKCK selanjutnya akan diantar ke rumah pemohon dan pemohon bayar Rp. 30.000 sesuai PNBP.

“Pelayanan SKCK Door to door di prioritaskan bagi Difabel, kelompok rentan dan pemohon yang apabila memerlukan SKCK misalnya terjadi bencana” kata Kapolres.

BACA JUGA  PRAJURIT SATGAS 412 KOSTRAD BANTU PEMAKAMAN JENAZAH DI PEDALAMAN PAPUA

Kapolres juga menerangkan bahwa dalam pelaksanaanya  apabila akan membuat bersama-sama misalnya ada pilkades yang memerlukan SKCK maka petugas SKCK dapat hadir di Kelurahan / Kecamatan secara kolektif jemput bola.

“Ini merupakan terobosan kreatif untuk memberi pelayanan masyarakat, mudah-mudahan bisa berkembang ke tempat lain,”jelas kapolres.

Sebelumnya pada Jum’at (18/02/2021) di Jl Raya Candirejo, Dsn. Kaliduren Ds. Candirejo Kec. Borobudur Kab. Magelang telah dilaksanakan program SKCK door to door oleh petugas Bamin SKCK Sat Intelkam bersama Unit Indentifikasi Sat Reskrim kepada warga masyarakat yang membutuhkan pelayanan penerbitan SKCK.

Laporan : Adi/Vio
Redaksi/Publisher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *