Tarian Mondotambe Menjemput Kedatangan Bupati Soppeng dan Rombongan di Bumi Lakidende

Konawe_www.indeks.co.id–Kedatangan Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak,SE bersama Ketua DPRD Soppeng Syahrudin,S.Sos.,M.Si, Kadis Kominfo Soppeng Drs.Sarianto,M.Si, Kasat Pol PP Soppeng, Andi Surahman di Bumi Lakidende Kabupaten Konawe dijemput dengan acara adat Tolaki berupa Tarian Mondotambe (Penjemput), Minggu (29/12/2019).

Mondotambe adalah salah satu Seni Tari yang berasal dari Sulawesi tenggara. Arti kata Mondotambe adalah Penjemputan. Sedangkan arti menurut devenisinya adalah Tari Mondotambe atau disebut tari penjemputan merupakan tari untuk menjemput para tamu-tamu yang merupakan bentuk penghomatan dan penghargaan kepada para tamu dan juga sebagai tanda rasa kesyukuran kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga para tamu yang berkunjung ke daerah mendapatkan rahmat dan kesemalatan apabila kembali ke tempat tugasnya.

Kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Soppeng adalah tamu kehormatan bagi suku Tolaki yang ada di Kabupaten Konawe sehingga tari Mondotambe harus dipersembahkan kepada H.A.Kaswadi Razak sebagai tamu terhormat.

Hal ini tentunya suatu tanda adanya ikatan erat antara Suku Tolaki dengan Suku Bugis dimana kedua Suku ini memiliki kekerabatan erat dari keturunan kedua suku ini yang tak bisa terpisahkan.Dengan demikian kekerabatan ini perlu diperkuat sehingga pada hari ini, kegiatan Pengukuhan dan Pelantikan Badan Pengurus Daerah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPD-KKSS) Kabupaten Konawe, Bupati Konawe dan Ketua DPRD Konawe (Kery Saiful Konggoasa dan H.Ardin,S.Sos.,M.Si) mendapatkan penanugerahan gelar kehormatan sebagai keluarga besar dari BPD-KKSS Kabupaten Konawe, baik sebagai Pemerintah (Dewan Kehormatan/Pelindung) juga sebagai Pribadi sebagai bagian dari KKSS Kabupaten Konawe.

H.A.Kaswadi Razak bersama rombongan begitu bangga akan penjemputan ini, seperti yang diungkapkan oleh Sarianto Kadis Kominfo Soppeng bahwa, kami datang di Kabupaten Konawe ini sangat di hormati oleh Saudara Tolaki kita dan terlebih lagi Bapak Bupati dan Ketua DPRD Konawe mengawal kedatangan kami di Gedung Wekoila ini, sungguh sangat kami apresiasi dan banggakan serta terima kasih kami kepada Pemerintah Konawe dan masyarakat Konawe termasuk kepada keluarga KKSS di Konawe ini,ungkap Sarianto.

Publizher/Redaksi : Andi Jumawi

indeks

Read Previous

Bupati dan Ketua DPRD Konawe Menjadi Keluarga Kehormatan KKSS

Read Next

Firli Bahuri Ketua KPK: Tidak Benar KPK Bisa Diintervensi Presiden, Terkait Draf Perpres tentang KPK

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *